Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Partisipasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik di SMPK Kimang Buleng Nita

DELONG, Donata (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Partisipasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik di SMPK Kimang Buleng Nita. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (640kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan partisipasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik di SMPK Kimang Buleng Nita. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing- masingnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMPK Kimang Buleng Nita. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi kuesioner, observasi partisipasi belajar, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share mampu meningkatkan partisipasi aktif peserta didik, baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Pada siklus pertama partisipasi peserta didik mulai meningkat, namun masih terdapat beberapa kendala dalam pembagian waktu dan keterlibatan kelompok. Setelah perbaikan dalam siklus kedua, partisipasi belajar menunjukkan peningkatan yang signifikan. Selain itu, metode Think Pair Share turut meningkatkan pemahaman materi, menciptakan suasana nyaman dalam diskusi, meningkatkan motivasi dalam berdiskusi, dan akhirnya meningkatkan partisipasi siswa dalam menyampaikan pendapat mereka. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share efektif dalam meningkatkan partisipasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik di SMPK Kimang Buleng Nita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, partisipasi belajar, pendidikan agama Katolik, pembelajaran kooperatif, SMPK Kimang Buleng
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology
Depositing User: Mr Floribertus Herichis Wanto Tapo
Date Deposited: 29 Oct 2025 02:22
Last Modified: 29 Oct 2025 02:22
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3651

Actions (login required)

View Item View Item