SURYANTO, Febrianus (2023) Pendidikan Humanis Paulo Freire dan Urgensi Penerapannya bagi Siswa di SMAK St. Maria Monte Carmelo Maumere. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.
Text
Febrianus Suryanto_Abstraksi.pdf Download (17kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (692kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (338kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
|
Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (350kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (359kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan dan mendeskripsikan konsep pendidikan humanis Paulo Freire, (2) memaparkan dan menjelaskan tentang model pembelajaran yang diterapkan di SMAK St. Maria Monte Carmelo dan sejauh mana penerapan konsep pendidikan humanis Paulo Freire dalam pembelajaran di sekolah tersebut, (3) menjelaskan dan mendeskripsikan tentang urgensi penerapan konsep pendidikan humanis terhadap pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan mandiri bagi siswa di SMAK St. Maria Monte Carmelo Maumere. Untuk mencapai tujuan ini, karya ilmiah ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan dan metode penelitian lapangan melalui observasi dan wawancara dalam memperoleh data. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dan dianalisis secara kritis-komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pendidikan di SMAK St. Maria Monte Carmelo Maumere lebih dominan menggunakan pendekatan konvensional. Hal itu terlihat dari beberapa fakta di lapangan, yakni pembelajaran masih menggunakan metode konvensional, minimnya interaksi antara guru dan siswa, minimnya partisipasi siswa dalam pembelajaran, evaluasi pembelajaran cenderung bersifat kuantitatif dengan fokus pada nilai, serta fasilitas pembelajaran di kelas yang kurang memadai. Beberapa hasil penelitian ini mendorong penulis mengeksplorasi konsep pendidikan humanis Paulo Freire supaya dapat diterapkan dalam proses pembelajaran selanjutnya di SMAK St. Maria Monte Carmelo Maumere. Ada beberapa implikasi dari pendidikan humanis Paulo Freire yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran selanjutnya, yakni menerapkan model pembelajaran yang partisipatif dan dialogis, mendorong diskusi terbuka dan kritis, menerapkan pembelajaran kolaboratif dan meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran. Beberapa hal tersebut dapat meningkatkan sikap kritis, kemandirian dan kepercayaan diri siswa di SMAK St. Maria Monte Carmelo Maumere. Dalam meningkatkan kualitas pendidikan, lembaga pendidikan SMAK St. Maria Monte Carmelo Maumere perlu mempertimbangkan penerapan pendidikan humanis Paulo Freire sebagai salah satu alternatif yang efektif dan relevan dalam membangun dan mengembangkan potensi siswa di sekolah tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan humanis, Paulo Freire, SMAK St. Maria Monte Carmelo Maumere, siswa, pembelajaran |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | 75201 Ilmu Filsafat |
Depositing User: | Mr Fransiskus Xaverius Sabu |
Date Deposited: | 24 Apr 2023 00:05 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 05:38 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/1500 |
Actions (login required)
View Item |