Peran Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Katolik Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas X3 Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Di SMAS Katolik St. John Paul II Maumere

CEME, Feni Adriana Wea (2025) Peran Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Katolik Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas X3 Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Di SMAS Katolik St. John Paul II Maumere. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru pendidikan agama katolik terhadap minat belajar peserta didik kelas X3 dalam mata pelajaran pendidikan agama katolik di SMAS Katolik St. John Paul II Maumere. Informan dari penelitian ini adalah guru pendidikan agama katolik, teman sejawat dan peserta didik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik penentuan informan yakni menggunakan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan beberapa poin penting ini, yakni (1) Menguasai karakteristik peserta didik. Guru dapat mengetahui perbedaan setiap individu peserta didik dengan melihat kemampuan awal peserta didik, situasi fisik, moral, spiritual, bakat, minat, kemampuan sosial, gaya belajar, latar belakang budaya peserta didik, dan lingkungan peserta didik. (2) Menguasai teori dan prisip-prinsip pembelajaran. Guru dapat menggunakan berbagai strategi, metode yang bervariasi, dan teknik pembelajaran yang mendidik dan kreatif. (3) Mengembangkan kurikulum. Guru menjelaskan kurikulum yang berpusat pada peserta didik melalui cara memperhatikan tujuan pembelajaran sesuai alokasi waktu pembelajaran yang disediakan dengan mengacu pada kurikulum. (4) Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Guru mengelola pembelajaran dengan efektif, menyenangkan, dan dapat mencapai kemampuan perkembangan yang aktif, kreatif, dan inovatif. (5) Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik. Guru dapat mengembangkan potensi yang mencakup minat, bakat, keterampilan dan kemampuan peserta didik di dalam kelas. (6) Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. Guru berkomunikasi dengan baik terhadap orang tua murid, teman sejawat dan peserta didik serta memiliki sikap empatik dan memiliki sikap santun terhadap orang-orang di sekelilingnya. (7) Menyeleggarakan dan memanfaatkan evaluasi. Guru melakukan evaluasi pembelajaran yang telah tercapai dan belum tercapai melalui remidial untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. (8) Senang dalam belajar. Peserta didik bersikap mandiri dalam mengerjakan tugasnya, bertanggung jawab, menyelesaikan tugas tepat waktu, dan memiliki semangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan. 9) Adanya ketertarikan dalam pembelajaran. Peserta didik mendapatkan pujian, semangat, dan motivasi dari guru pendidikan agama katolik. (10) Memiliki pengetahuan dan rasa ingin tahu lebih. Peserta didik mampu menjawab pertanyaan dengan baik, mampu menyelesaikan simulasi, dan menyelesaikan ujian harian dengan baik. (11) Adanya keterlibatan peserta didik dalam belajar. Peserta didik aktif dalam diskusi, aktif dalam bertanya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Minat Belajar, Guru Agama, SMAS Katolik St. John Paul II Maumere
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology
Depositing User: Mr Floribertus Herichis Wanto Tapo
Date Deposited: 29 Oct 2025 02:22
Last Modified: 29 Oct 2025 02:22
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3652

Actions (login required)

View Item View Item