Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Fase E 2 pada Mata Pelajaran Liturgi di SMAK Santa Maria Monte Carmelo

RUBIAH, Yosefina Yunarti (2025) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Fase E 2 pada Mata Pelajaran Liturgi di SMAK Santa Maria Monte Carmelo. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (772kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah metode mengajar guru yang membuat pembelajaran menjadi monoton dan kurang menyenangkan. Guru masih menggunakan metode ceramah dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini membuat peserta didik jenuh, malas mendengar dan cepat bosan. Kondisi ini membuat 14 dari 18 peserta didik tidak mencapai KKM yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengupayakan peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran liturgi setelah menggunakan model pembelajaran cooperative. Metode penelitian ini mencakupi jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas, teknik pengumpulan datanya ialah observasi, tes, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data campuran atau mixed-methods. Penelitian ini memiliki subyaknya antara lain Fase E 2. Adapun jumlah peserta didiknya 18 orang. Hasil observasi kegiatan belajar peserta didik siklus satu mendapatkan hasil sebesar 51,82% dan pada siklus kedua 82,94% besar peningkatannya mencapai 31,12%. Hasil belajar peserta didik siklus 1 pertemuan pertama pretes ketuntasan sebesar 0% dan pertemuan kedua postes mengalami peningkatan menjadi 44,44%. siklus 2 pertemuan pertama pretes, persentase ketuntasan sebesar 72,22% dan mengalami peningkatan pada postes mencapai 94,44%. Hasil kuesioner penelitian yaitu 8 pernyaataan positif dari 4 aspek memiliki nilai mean dengan kategori tinggi dan 2 pernyataan negatif dari 1 aspes memiliki nilai mean dengan kategori rendah. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik fase E 2 pada mata pelajaran liturgi di SMAK Santa Maria Monte Carmelo

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: cooperative learning, hasil belajar, metode penelitian
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology
Depositing User: Mr Floribertus Herichis Wanto Tapo
Date Deposited: 29 Oct 2025 00:59
Last Modified: 29 Oct 2025 00:59
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3649

Actions (login required)

View Item View Item