YUNARTI, Matilda Icha (2025) Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Smpk Virgo Fidelis Maumere. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.
|
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (855kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (326kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) |
|
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran problem solving dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa inggris pada peserta didik kelas VIII C SMPK Virgo Fidelis Maumere. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan,pelaksanaan tindakan,observasi, dan refleksi. Model PTK yang digunakan mengacu pada model yang dikembangkan oleh sthephen dan Robin Mc Taggart. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Dari analisis yang telah dilakukan bahwa dengan metode pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di mata pelajaran Bahasa Inggris di Smpk Virgo Fidelis Maumere, hal ini dapat terlihat dari presentase hasil postest terjadi peningkatan 25% dari siklus I dengan hasil 70% dan siklus II 95%. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada proses pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII Smpk Virgo Fidelis Maumere. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan tindakan kelas dalam dua siklus, baik dari hasil observasi maupun hasil belajar peserta didik, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran problem solving secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar pada mata Pelajaran Bahasa inggris peserta didik kelas VIII C di SMPK Virgo Fidelis Maumere. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode problem solving merupakan pendekatan pembelajaran yang sangat efektif dan tepat digunakan dalam pembelajaran Bahasa inggris
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | etode, Pembelajaran, Problem Solving, Hasil Belajar, Bahasa Inggris, Pembelajaran Aktif |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
| Divisions: | 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology |
| Depositing User: | Mr Floribertus Herichis Wanto Tapo |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 00:41 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 00:41 |
| URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3643 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
