Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Teaching and Learning dalam Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik Kelas V pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik di Sekolah Dasar Inpres 043 Baomekot

EVANDIKTA, Anna Ludria (2025) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Teaching and Learning dalam Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik Kelas V pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik di Sekolah Dasar Inpres 043 Baomekot. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (734kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
BAB V-PENUTUP.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan model pembelajaran Cooperative Teaching and Learning dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Katolik di kelas V SD Inpres 043 Baomekot, (2) menguraikan bentuk partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Katolik sebelum dan sesudah penerapan model Cooperative Teaching and Learning, dan (3) menjelaskan penerapan model pembelajaran Cooperative Teaching and Learning serta pengaruhnya terhadap peningkatan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini dibuat dalam desain penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang dikumpulkan berupa hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang menggambarkan proses penerapan model pembelajaran Cooperative Teaching and Learning dan perubahan tingkat partisipasi peserta didik. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif, dengan mendeskripsikan setiap tahapan tindakan kelas serta mengevaluasi hasilnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Teaching and Learning mampu meningkatkan partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Katolik. Peserta didik menjadi lebih aktif, mampu bekerja sama dalam kelompok, dan menunjukkan minat belajar yang lebih tinggi. Peningkatan partisipasi ini berdampak positif terhadap suasana belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif. Oleh karena itu, model pembelajaran Cooperative Teaching and Learning dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam meningkatkan partisipasi belajar peserta didik, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Teaching and Learning, Partisipasi, Pendidikan Agama Katolik
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology
Depositing User: Mr Floribertus Herichis Wanto Tapo
Date Deposited: 29 Oct 2025 00:23
Last Modified: 29 Oct 2025 00:23
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3613

Actions (login required)

View Item View Item