Efektivitas Metode Tanya Jawab dalam Pembelajaran Liturgi untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif dan Mengurangi Disrupsi di Kelas XI IIS SMAK Santa Maria Monte Carmelo Wairklau

KOLO, Adventa Ketty (2025) Efektivitas Metode Tanya Jawab dalam Pembelajaran Liturgi untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif dan Mengurangi Disrupsi di Kelas XI IIS SMAK Santa Maria Monte Carmelo Wairklau. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (572kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Tanya Jawab dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik dan mengurangi disrupsi di kelas XI Ilmu-Ilmu Sosial dalam mata pelajaran Liturgi di SMAK Santa Maria Monte Carmelo Wairklau. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya partisipasi peserta didik dan tingginya tingkat disrupsi di kelas, khususnya pada jam-jam akhir pembelajaran dan metode pengajaran guru yang monoton atau satu arah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket (kuesioner), dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Tanya Jawab mampu meningkatkan partisipasi aktif peserta didik secara signifikan, terlihat dari peningkatan skor observasi dan data kuesioner yang menunjukkan respons positif terhadap proses pembelajaran. Selain itu, dari hasil penelitian terlihat bahwa metode ini juga efektif dalam mengurangi disrupsi di kelas, seperti terlihat dari suasana kelas yang lebih tertib dan siswa yang lebih fokus mengikuti pelajaran. Wawancara dengan guru dan siswa mendukung temuan ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Tanya Jawab merupakan strategi pembelajaran yang relevan, tidak hanya dalam konteks Kurikulum Merdeka, tetapi juga dalam semangat pendidikan Katolik yang menekankan pembentukan karakter, dialog, dan keterlibatan aktif dalam proses belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Tanya Jawab, Partisipasi Aktif, Disrupsi Kelas, Liturgi, Pendidikan Katolik, Kurikulum Merdeka
Subjects: 200 – Agama > 260 Teologi sosial dan gerejawi > 268 Pendidikan agama Kristen, pengajaran agama Kristen
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology
Depositing User: Mr Floribertus Herichis Wanto Tapo
Date Deposited: 29 Oct 2025 00:21
Last Modified: 29 Oct 2025 00:21
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3612

Actions (login required)

View Item View Item