PUTRA, Hendricoes Thom (2024) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Peserta Didik di SMPK Sanctissima Trinitas Hokeng Berdasarkan Dokumen Konsili Vatikan II Gravissimum Educationis. Masters thesis, IFTK LEDALERO.
Text
ABSTRAK.pdf Download (509kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (285kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
|
Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (130kB) |
Abstract
Penelitian dan penulisan tesis ini bertujuan untuk: pertama, memahami implementasi pendidikan karakter bagi pembentukan kepribadian holistik peserta didik di SMPK Sanctissima Trinitas. Kedua, menjelaskan apa itu dokumen Gravissimum Educationis. Ketiga, menjelaskan peran dokumen Gravissimum Educationis dalam memberikan pesan-pesan pendidikan, terutama bagi pembentukan karakter kristiani dalam keseluruhan proses pembelajaran di SMPK Sanctissima Trinitas Hokeng. Keempat, menjelaskan tantangan dan peluang bagi proses pendidikan karakter di SMPK Sanctissima Trinitas Hokeng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Sumber data diperoleh melalui kajian kepustakaan dan penelitian lapangan. Dalam kajian kepustakaan, penulis mengkaji berbagai literatur seperti: Alkitab, buku, dokumen-dokumen Gereja, jurnal, majalah, kamus, skripsi, tesis serta literatur-literatur lain yang relevan dengan penelitian ini melalui internet. Dalam penelitian lapangan, penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu: observasi langsung, wawancara pihak-pihak yang telah ditentukan terlebih dahulu dan metode angket, dibagikan dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan beberapa poin menyangkut implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik peserta didik di SMPK Sanctissima Trinitas Hokeng Berdasarkan Dokumen Konsili Vatikan II Gravissimum Educationis. Pertama, implementasi pendidikan karakter dalam proses pembentukan kepribadian holistik di SMPK Sanctissima Trinitas Hokeng semuanya dilaksanakan dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kedua, kehadiran Gereja Katolik sebagai penanggungjawab pendidikan Kristiani menjadi tempat pewartaan dan kesaksian bagi peserta didik untuk belajar mengenal Kristus dan Gereja turut memberikan perhatian besar bagi perkembangan pendidikan di sekolah-sekolah Katolik melalui dokumen Gravissimum Educationis dalam usaha mewujudkan tujuannya yaitu menyelamatkan dan menghasilkan manusia-manusia yang beriman Kristiani. Ketiga, Program pendidikan karakter di SMPK Sanctissima Trinitas Hokeng bertujuan membentuk kepribadian siswa. Karena itu, semua pihak terkait, yakni kepala sekolah, guru, karyawan, siswa, komite sekolah/wali siswa wajib menyukseskan terlaksananya program pendidikan karakter ini
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan karakter, kepribadian holistik, Gravissimum Educationis, Sekolah Katolik, Gereja Katolik |
Subjects: | 200 – Agama > 260 Teologi sosial dan gerejawi > 261 Teologi sosial 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | 77101 Ilmu Agama/Teologi Katolik |
Depositing User: | Mr Fransiskus Xaverius Sabu |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 23:36 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 23:36 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/2423 |
Actions (login required)
View Item |