Efektivitas Penerapan Media Lapbook dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IX B Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik di SMPK Susila Koting

WEKI, Yuvensia (2025) Efektivitas Penerapan Media Lapbook dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IX B Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik di SMPK Susila Koting. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (238kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf

Download (896kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penerapan media lapbook dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IX B dalam mata pelajaran pendidikan Agama Katolik di SMPK Susila Koting. Secara sederhana, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana media lapbook diterapkan di kelas, dan bagaimana pengaruhnya terhadap motivasi belajar peserta didik, apakah dengan menerapkan media lapbook peserta didik dapat meningkatkan motivasi mereka untuk lebih giat dalam belajar. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran apakah media lapbook dapat menjadi salah satu alternatif yang efektif untuk menciptakan media pembelajaran yang kreatif, interaktif,dan visual sehingga membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangakan dan menarik. Tulisan ini menggunakan metode campuran penelitian kuantitatif deskriptif,dan kualitatif deskriptif. Di mana peneliti menguraikan data kuantitatif yang diperoleh melalui observasi langsung, kuesioner/angket, dan wawancara. Ada beberapa temuan penting dari penelitian ini yakni hasil validasi yang dilakukan pada siklus I penerapan media lapbook sebesar 0,8826 dan motivasi belajar sebesar 0,9110. Pada siklus II hasil validasi penerapan media lapbook meningkat menjadi 0,983 dan motivasi belajar juga meningkat menjadi 0,94. Selain itu, berdasarkan hasil pre -tes dan pos -tes pada siklus I menjukan 70,78 sedangkan pada siklus 1I mengalami penigkatan nilai rata-rata 81,65. Peneliti menyimpulkan bahwa berdasarkan temuan ini penerapan media lapbook terhadap motivasi belajar peserta didik kelas kelas IX B di SMPK Susila Koting efektif dalam meningkatn motivasi belajar peserta didik. Dengan demikian, penerapan media lapbook dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan kualitas pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Lapbook; Motivasi Belajar; Peserta Didik
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology
Depositing User: Mr Floribertus Herichis Wanto Tapo
Date Deposited: 29 Oct 2025 01:00
Last Modified: 29 Oct 2025 01:00
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3650

Actions (login required)

View Item View Item