EA, Selvira Seme (2025) Pengaruh Program Literasi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Kelas VIII di SMPK Kimang Buleng. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.
|
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (215kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
|
|
Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perihal faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat baca peserta didik serta mendeskripsikan pengaruh program literasi sebagai upaya meningkatkan minat baca peserta didik kelas VIII di SMPK Kimang Buleng. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program literasi memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap minat baca peserta didik. Program ini dilaksanakan melalui berbagai kegiatan seperti membaca 15 menit sebelum KBM, bedah buku, mading, ringkas buku, kunjungan perpustakaan, aktifitas tematik, dan kegiatan kreatif lainnya. Dampak positif terlihat dari peningkatan kesadaran, keterlibatan, dan konsistensi peserta didik dalam kegiatan literasi. Secara lebih spesifik, peningkatan minat baca nampak melalui meningkatnya frekuensi membaca, tumbuhnya ketertarikan terhadap berbagai jenis buku yang menarik, nampaknya perubahan sikap yang positif terhadap aktifitas membaca dan partisipasi aktif peserta didik. Meskipun SMPK Kimang Buleng berada di wilayah pedesaan dan menghadapi keterbatasan bahan bacaan dan sarana prasarana, visi misi dan struktur organisasi mejadi faktor pendorong dalam pengembangan budaya literasi sebagai upaya meningkatkan minat baca peserta didik. Secara teoritis, literasi mencakup kemampuan memahami, mengolah dan menggunakan secara kritis. Minat baca dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal, seperti motivasi, lingkungan keluarga, sekolah, teman sebaya serta penggunaan handphone. Hasil analisis data angket berdasarkan jumlah responden menunjukan bahwa 85,6% peserta didik menyatakan program literasi sangat berpengaruh terhadap minat baca mereka. Sedangkan berdasarkan item pertanyaan memperoleh rata-rata 85,%, menunjukan program literasi memberi pengaruh positif. Pertanyaan dengan skor yang tertinggi yaitu P1: 70, P19: 69, P5: 68 dan P10: 68 dengan memperoleh nilai presentase 95% yang artinya bahwa program literasi yang diterapkan di kelas VIII telah berjalan secara efektif dan memberikan kontibusi signifikan terhadap peningkatan minat baca peserta didik. Sedangkan skor terendah terdapat pada P13: 54 dan P2: 55 dengan memperoleh nilai prsentase 75%, yang menunjukan bahwa perlu adanya peningkatan pada aspek kesediaan sumber bacaan dan sarana prasarana di perpustakaan sekolah
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Program Literasi, minat baca, peserta didik, SMPK Kimang Buleng, penelitian kualitatif |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
| Divisions: | 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology |
| Depositing User: | Mr Floribertus Herichis Wanto Tapo |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 00:43 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 00:43 |
| URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3646 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
