Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Digital Berbasis Aplikasi Canva terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII-F pada mata Pelajaran Agama Katolik di SMPN Nuba Arat

METI, Maria Inviola Novenalis (2025) Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Digital Berbasis Aplikasi Canva terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII-F pada mata Pelajaran Agama Katolik di SMPN Nuba Arat. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran di SMPN Nuba Arat yang masih cenderung konvensional, yang menyebabkan pembelajaran menjadi tidak efektif dan tidak menarik serta hasil belajar yang rendah. Kondisi ini membuat 20 dari 37 peserta didik tidak mencapai ketuntasan dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran canva dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII-F pada mata pelajaran Agama Katolik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penulis mengumpulkan data penelitian dengan menggunakan teknik observasi, tes, kuesioner dan dokumentasi. Data-data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik mixed-method. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN Nuba Arat pada tanggal 7 Maret s/d 12 April 2025. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII- F SMPN Nuba Arat yang berjumlah 37 orang, yang terdiri atas 18 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam II siklus serta pra siklus, di mana satu siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media canva dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian kemampuan awal (pre-test) diperoleh hasil belajar peserta didik sebesar 46% dengan nilai rata-rata 68. Selanjutnya, dalam penelitian siklus I, persentase ketuntasan belajar yang diperoleh mencapai 62% dengan nilai rata-rata 69. Hasil ini kemudian mengalami peningkatan pada siklus II, yakni sebesar 86% dengan nilai rata- rata 74. Jumlah skor aktivitas peserta didik pada siklus I adalah 3,0 (cukup) dan siklus II adalah 5 (sangat baik)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Canva, Metode Penelitian, Hasil Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Divisions: 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology
Depositing User: Mr Floribertus Herichis Wanto Tapo
Date Deposited: 29 Oct 2025 00:35
Last Modified: 29 Oct 2025 00:35
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3627

Actions (login required)

View Item View Item