Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Pendekatan Saintifik dan Pengaruhnya Terhadap Partisipasi Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Doktrin di Kelas XI Agama SMAK Santo Petrus Kewapante

GEGO, Maria Yuvani (2024) Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Pendekatan Saintifik dan Pengaruhnya Terhadap Partisipasi Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Doktrin di Kelas XI Agama SMAK Santo Petrus Kewapante. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (896kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi peserta didik dalam mata pelajaran doktrin dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning dengan pendekatan saintifik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Agama yang berjumlah 32 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Data hasil observasi dan wawancara dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dan kuesioner dianalisis dengan menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan data yang diperoleh pada observasi melalui beberapa aspek dapat dikatakan bahwa partisipasi peserta didik meningkat. Berdasarkan kuesioner, terdapat hubungan antara variabel model pembelajaran contextual teaching and learning dengan pendekatan saintifik dan varibel partisipasi peserta didik dengan nilai korelasi 0,61 terhitung dalam kategori korelasi tinggi. Selain korelasi, kuesioner ini dihitung melalui nilai rata-rata atau mean dan nilai yang diperoleh adalah 4 terhitung dalam kategori setuju yang berarti responden setuju dengan penerapan model pembelajaran dan pendekatan tersebut karena dapat meningkatkan partisipasi peserta didik. Selain observasi dan kuesioner data yang diperoleh dari wawancara juga menyatakan bahwa model pembelajaran contextual teaching and learning dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan partisipasi peserta didik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bawah implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan partisipasi peserta didik kelas XI agama dalam mata pelajaran doktrin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Contextual Teaching and learning, Pendekatan Saintifik, Partisipasi Peserta Didik.
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: 77101 Ilmu Agama/Teologi Katolik
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 14 Aug 2024 23:23
Last Modified: 14 Aug 2024 23:23
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/2411

Actions (login required)

View Item View Item