Peran Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA pada Mata Pelajaran Kitab Suci di SMAK Santa Maria Monte Carmelo

LEA, Maria Anjelina Yohanniska (2024) Peran Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA pada Mata Pelajaran Kitab Suci di SMAK Santa Maria Monte Carmelo. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA pada mata pelajaran Kitab Suci di Sekolah Menengah Agama Katolik Santa Maria Monte Carmelo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang ada di dalam kelas. PTK menggunakan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian yang didapat melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dari nilai postest dan observasi aktivitas pembelajaran menggunakan model CTL yang terlihat dari aspek kemampuan mengemukakan ide atau pendapat, kemampuan bertanya, kemampuan bekerja dalam kelompok, kemampuan melaporkan hasil diskusi dengan baik dan kemampuan merumuskan kesimpulan dari materi yang telah dipelajari. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus yang telah ditentukan. Pada siklus I pertemuan terakhir didapat nilai kompetensi kognitif rata-rata sebesar 76,7 dengan persentase ketuntasan klasikal 80% dan aktivitas pembelajaran sebesar 73%. Kemudian pada siklus II pertemuan terakhir didapat nilai kompetensi kognitif rata-rata 90,45 dengan persentase ketuntasan klasikal 100% dan aktivitas pembelajaran sebesar 85%. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka penelitian tindakan kelas dinyatakan berhasil karena adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar, siswa, SMAK Santa Maria Monte Carmelo.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: 77101 Ilmu Agama/Teologi Katolik
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 14 Aug 2024 23:21
Last Modified: 14 Aug 2024 23:21
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/2408

Actions (login required)

View Item View Item