Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Mata Pelajaran Doktrin Gereja Katolik dan Moralitas Kristiani untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMAK Sta. Maria Monte Carmelo Maumere

GERARDINA, Catharina (2024) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Mata Pelajaran Doktrin Gereja Katolik dan Moralitas Kristiani untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMAK Sta. Maria Monte Carmelo Maumere. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran discovery learning dalam mata pelajaran Doktrin Gereja Katolik dan Moralitas Kristiani untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X MIA SMAK Sta. Maria Monte Carmelo Maumere. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi masalah minat belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robin Mctaggart. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Instrumen tes meliputi pre test dan post test, sedangkan instrumen non tes berupa lembar observasi dan lembar kusioner. Berdasarkan hasil penelitian tindakan pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan hasil. Hasil observasi aktivitas belajar peserta didik pada siklus I mencapai 74% dan pada siklus II mencapai 83%. Hasil belajar peserta didik pada siklus I persentase ketuntasan mencapai 80% dan siklus II persentase ketuntasan 100%. Hasil kusioner pada siklus I dan siklus II yaitu mencapai 83%. Berdasarkan data yang telah diperoleh peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning mampu meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X MIA SMAK Sta. Maria Monte Carmelo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Minat Belajar
Subjects: 200 – Agama > 240 Moral Kristen dan teologi peribadatan > 240 Moral Kristen dan teologi peribadatan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: 77101 Ilmu Agama/Teologi Katolik
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 14 Aug 2024 23:18
Last Modified: 14 Aug 2024 23:18
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/2402

Actions (login required)

View Item View Item