Pengaruh Minat Membaca Buku Sejarah Gereja Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X dan XI SMAK St. Petrus Kewapante.

SONBAI, Agnes Novita (2023) Pengaruh Minat Membaca Buku Sejarah Gereja Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X dan XI SMAK St. Petrus Kewapante. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (861kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah minat membaca buku sejarah Gereja dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI SMAK St. Petrus Kewapante. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X (Mipa, Ips, Keagamaan) dan XI (Keagamaan) SMAK St. Petrus Kewapante. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan tes. Teknik analisis data diperoleh menggunakan pengujian SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang menjadi objek penelitian ini, 31 peserta didik memiliki minat membaca buku sejarah Gereja sangat tinggi, 45 peserta didik memiliki minat membaca buku sejarah Gereja tinggi, dan 4 peserta didik memiliki minat membaca buku sejarah Gereja sedang. Data minat membaca buku sejarah Gereja yang diolah menggunakan SPSS versi 23 diperoleh Rata- rata 76,46. Data yang diperoleh diketahui 4 peserta didik mempunyai prestasi belajar baik, 8 peserta didik mempunyai prestasi belajar cukup, dan 70 peserta didik mempunyai prestasi belajar kurang. Hasil uji analisis statistik deskriptif prestasi belajar menggunakan SPSS versi 23 diperoleh nilai rata- rata 37,49. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui f-hitung > f-tabel atau 6.091 > 3,39 maka dapat disimpulkan H2 diterima yang berarti terdapat pengaruh antara variabel X “minat membaca buku sejarah Gereja” secara simultan terhadap variabel Y “prestasi belajar”. Melalui pengujian determinasi dengan hasil yang diperoleh, nilai R Square sebesar 0.071, hal ini mengandung arti bahwa pengaruh variabel X secara simultan terhadap variabel Y adalah sebesar 71% (Kategori cukup). Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa minat membaca berpengaruh terhadap prestasi belajar sejarah Gereja peserta didik kelas X dan XI SMAK St. Petrus Kewapante.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Minat Membaca Buku Sejarah Gereja, Prestasi Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: 77101 Ilmu Agama/Teologi Katolik
Depositing User: Rineldis Kelan
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:18
Last Modified: 20 Sep 2023 03:18
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/1782

Actions (login required)

View Item View Item