SOA, Eusabius (2023) Pengaruh Media Sosial bagi Perkembangan Pendidikan Siswa-siswi di SMAK Santa Maria Monte Carmelo Maumere. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.
Text
Eusabius Soa_Abstraksi.pdf Download (9kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (923kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (982kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (927kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (884kB) |
|
Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (918kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (926kB) |
Abstract
Tujuan penulisan skripsi ini ialah pertama, menjelaskan secara umum pengaruh media sosial bagi perkembangan pendidikan di era digital. Kedua, menjelaskan realitas penggunaan media sosial dan dampaknya bagi siswa-siswi di SMAK Santa Maria Monte Carmelo Maumere. Ketiga, menawarkan solusi alternatif dari masalah penyalahgunaan media sosial di SMAK Santa Maria Monte Carmelo sebagai upaya untuk memudahkan siswa-siswi dalam mengakses sumber ilmu pengetahuan melalui media sosial. Untuk mencapai tujuan penulisan karya ilmiah ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan (library research), di mana penulis membaca dan menemukan referensi dari buku dan jurnal tentang media sosial. Penulis juga melakukan wawancara dengan siswa-siswi dan para guru di SMAK Santa Maria Monte Carmelo Maumere, seputar penggunaan media sosial. Dari hasil wawancara tersebut penulis berusaha menganalisis data untuk menemukan pengaruh media sosial bagi perkembangan pendidikan di lembaga tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan beberapa pengaruh negatif dari penggunaan media sosial yang dialami oleh siwa-siswi SMAK Santa Maria Monte Carmelo Maumere. Pertama, siswa-siswi menjadi malas belajar. Adanya perkembangan teknologi melalui media sosial (laptop, hp dan barang-barang elektronik lainnya serta jaringan internet) yang seharusnya dapat memudahkan siswa-siswi dalam belajar, justru membuat siswa menjadi malas belajar. Kedua, mentalitas cari gampang. Ketergantungan siswa-siswi terhadap barang-barang elektronik menjadi sangat kuat sehingga mereka tidak menjadi terbiasa untuk mencatat apa yang dijelaskan oleh guru; mereka lebih cenderung menunggu materi yang akan dibagikan ke dalam grup atau menyalinnya dari internet. Ketiga, para siswa/i tidak bisa mengontrol diri. Penggunaan media sosial yang berlebihan telah membuat mereka menjadi pribadi yang sulit dikendalikan dalam berinteraksi atau berkomunikasi dengan sesama di dunia nyata. Keempat, para siswa/i kurang bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan guru kepada mereka. Dampak negatif lain yang dirasakan oleh para guru atau pendidik dan oleh pihak sekolah sendiri, yakni menurunnya prestasi belajar dan pola tingkah laku para peserta didik. Dengan demikian penulis merekomendasikan agar pihak sekolah, para guru dan pihak-pihak lain perlu mengatur dan mempertimbangkan secara matang penggunaan media sosial bagi para peserta didik. Jika sekolah tetap mempertahankan pembelajaran menggunakan media sosial, maka dibutuhkan metode dan pola pembelajaran yang strategis agar berdampak baik bagi perkembangan intelektual dan kepribadian para peserta didik di SMAK Santa Maria Monte Carmelo Maumere ke depan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, SMAK Santa Maria Monte Carmelo, Pengaruh Media sosial, Siswa-Siswi |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 379 Masalah kebijakan publik dalam pendidikan; peraturan-peraturan pendidikan |
Divisions: | 75201 Ilmu Filsafat |
Depositing User: | Rineldis Kelan |
Date Deposited: | 27 May 2023 01:46 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 05:16 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/1623 |
Actions (login required)
View Item |