DIASANO, Oktavianus Alexandri (2023) Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Pembentukan Kesadaran Moral Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Kota Komba Manggarai Timur. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.
Text
Oktavianus Alexandri Diasano_Abstraksi.pdf Download (185kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (925kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (133kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
|
Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
Abstract
Penulisan Skripsi ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pengertian dan makna pendidikan serta pentingnya pendidikan karakter bagi peserta didik, dan (2) menjelaskan kontribusi pendidikan karakter sebagai upaya pembentukan kesadaran moral peserta didik SMAN 7 Kota Komba Manggarai Timur. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kepustakaan dan metode observasi partisipatif (wawancara). Pertama, metode kepustakaan, dalam metode ini penulis menggunakan berbagai sumber tulisan, seperti kamus, ensiklopedia, buku, majalah, jurnal, dan sumber dari internet yang berkaitan dengan tema penulisan. Kedua, metode wawancara, dalam metode ini penulis mengumpulkan data dan informasi (wawancara langsung) dari beberapa responden yang memiliki pengetahuan dan yang mempunyai status dan tanggung jawab penting pada SMAN 7 Kota Komba. Berdasarkan penelitian dan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter berkontribusi terhadap pembentukan kesadaran moral peserta didik SMAN 7 Kota Komba. Pendidikan karakter dapat dilakukan dalam dua konteks yang berbeda. Pertama, pada lingkungan keluarga, yakni lewat latihan dan pembiasaan-pembiasaan hal positif oleh kedua orangtua. Kedua, pada lingkungan sekolah, yakni para guru mengajar, membimbing dan mengarahkan peserta didik terhadap penanaman nilai-nilai karakter dalam diri peserta didik. Perpaduan dan kerja sama yang baik antara pihak keluarga dan pihak sekolah dalam proses pendidikan karakter akan menghasilkan peserta didik yang memiliki kesadaran moral dalam dirinya. Kesadaran moral setiap peserta didik dapat dilihat dalam beberapa nilai kehidupan peserta didik SMAN 7 Kota Komba, yakni nilai religius, nilai nasionalis, nilai mandiri, dan nilai integritas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter, peserta didik, pendidik, dan kesadaran moral. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | 75201 Ilmu Filsafat |
Depositing User: | Mr Fransiskus Xaverius Sabu |
Date Deposited: | 24 Apr 2023 03:13 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 03:32 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/1504 |
Actions (login required)
View Item |