Pengaruh Metode Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatan Partisipasi Proses Pembelajaran Siswa Kelas VIII F Pada Mata Pelajaran Agama Katolik Di SMP Negeri 1 Nita

DATONG, Maria Merciana (2025) Pengaruh Metode Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatan Partisipasi Proses Pembelajaran Siswa Kelas VIII F Pada Mata Pelajaran Agama Katolik Di SMP Negeri 1 Nita. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran Agama Katolik di SMP Negeri 1 Nita. Salah satu sebabnya adalah cara pengajaran guru masih bersifat konvensional. Sementara itu siswa kurang dilibatkan, dan kegiatannya pengajaran hanya mendengar dan mencatat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran interaktif mempunyai pengaruh terhadap peningkatan partisipasi pembelajaran siswa kelas VIII F pada mata pelajaran Agama Katolik di SMP Negeri 1 Nita. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian mixed method dengan instrumen pengumpulan data adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan partisipasi siswa setelah metode pembelajaran interaktif diterapkan. Hal ini terlihat dari keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan, diskusi, kerja kelompok serta antusiasme mengikuti kegiatan pembelajaran. Data kuesioner yang disebarkan menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan partisipasi setelah metode interaktif diterapkan. Metode pembelajaran interaktif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran Agama Katolik. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar metode pembelajaran interaktif diterapkan lebih luas dalam mata pelajaran Agama Katolik di SMP, guna meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik yang lebih baik. Penelitian ini juga memberikan kontribusi dalam mengembangkan metode pembelajaran interaktif yang menarik sesuai kebutuhan peserta didik di era modern ini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Interaktif, Peningkatan Partisipasi, Mata Pelajaran Agama Katolik dan SMP Negeri 1 Nita
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology
Depositing User: Mr Floribertus Herichis Wanto Tapo
Date Deposited: 29 Oct 2025 00:36
Last Modified: 29 Oct 2025 00:36
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3637

Actions (login required)

View Item View Item