Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Peminatan 3 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti di SMAS Bhaktyarsa Maumere

TOYO, Maria Inggrida (2025) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Peminatan 3 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti di SMAS Bhaktyarsa Maumere. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran make a match dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI peminatan 3 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti di SMAS Bhaktyarsa Maumere. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengatasi masalah yang dialami oleh peserta didik berkaitan dengan motivasi belajar. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instumen tes dan non tes. Instrumen tes berupa pretest dan postest yang dilaksanakan pada setiap siklus, sedangkan instrumen non tes berupa observasi, wawancara dan angket. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan siklus I dan siklus II diperoleh peningkatan hasil, baik hasil observasi maupun hasil belajar peserta didik. Peningkatan motivasi belajar dibuktikan dari meningkatnya partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran, semangat dalam menyelesaikan tugas, serta antusiasme dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Peningkatan motivasi belajar peserta didik juga diperkuat dengan peningkatan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik sebesar 93,3% pada siklus I dan meningkat 100% pada siklus II, hal ini didukung dengan data hasil angket tanggapan peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran make a match. Berdasarkan data yang telah diperoleh, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match sangat baik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI peminatan 3 di SMAS Bhaktyarsa Maumere, hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan motivasi belajar yang sangat signifikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Make A Match, Motivasi Belajar dan Peserta Didik
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology
Depositing User: Mr Floribertus Herichis Wanto Tapo
Date Deposited: 29 Oct 2025 00:34
Last Modified: 29 Oct 2025 00:34
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3626

Actions (login required)

View Item View Item