Implementasi Konstruktivisme Piaget dalam Meningkatkan Partisipasi Aktif Peserta Didik Kelas X C pada Pembelajaran Agama Katolik di SMA Negeri 1 Maumere

VICTORIA, Maria Angela (2025) Implementasi Konstruktivisme Piaget dalam Meningkatkan Partisipasi Aktif Peserta Didik Kelas X C pada Pembelajaran Agama Katolik di SMA Negeri 1 Maumere. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
Maria Angela Victoria_ABSTRAK.pdf

Download (128kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi pendekatan konstruktivisme Piaget dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik kelas X C pada pembelajaran Agama Katolik di SMA Negeri 1 Maumere. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengatasi masalah yang dialami oleh peserta didik berkaitan dengan partisipasi aktif. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pendekatan konstruktivisme Piaget untuk meningkatkan partisipasi aktif peserta didik Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah gabungan metode kualitatif dan kuantitatif (Mixed Method). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran angket dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam partisipasi aktif peserta didik. Pada siklus I, persentase ketercapaian partisipasi aktif peserta didik sebesar 58,3%, dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Data observasi menunjukkan bahwa keterlibatan peserta didik, baik secara individu maupun kelompok, telah meningkat selama proses pembelajaran. Sementara itu, hasil wawancara mengungkapkan bahwa setelah penerapan konstruktivisme Piaget, peserta didik merasa lebih termotivasi, lebih mudah memahami materi, dan lebih aktif dalam berdiskusi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa implementasi konstruktivisme Piaget terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif serta kualitas pembelajaran Agama Katolik di kelas X C SMA Negeri 1 Maumere.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konstruktivisme Piaget, Partisipasi Aktif, Peserta Didik.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology
Depositing User: Mauritsius Moat Pitang
Date Deposited: 21 May 2025 00:16
Last Modified: 21 May 2025 00:16
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3035

Actions (login required)

View Item View Item