Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XF Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Maumere

AFRITA, Maria (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XF Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Maumere. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
Maria Afrita_ABSTRAK.pdf

Download (18kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XF SMA N 1 Maumere, dan (2) untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kontekstual dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XF SMA N 1 Maumere dalam pembelajaran Pendidikan Agama Katolik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas berbasis model Kemmis dan McTaggart dengan mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui observasi, wawancara dan kuesioner (pre test dan post test). Data yang diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis berisi pernyataan tetang kemampuan analisis, evaluasi dan konteks kehidupan nyata peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontesktuan terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, dengan adanya peningkatan signifikan antara pre test dan post test. Selain itu, penerapan model pembelajaran kontekstual juga mampu mendorong peserta didik untuk aktif dala kegiatan pembelajaran dan mampu menghubungkan materi pelajaran dengan situasi kehidupan nyata peserta didik. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar model pembelajaran kontekstual diterapkan lebih luas dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik di SMA, guna mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang lebih baik. Penelitian ini juga memberikan kontribusi dalam mengembangkan model pembelajaran yang relevan dan kontekstual sesuai kebutuhan peserta didik di era modern ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Berpikir Kritis, Pendidikan Agama katolik dan SMA N 1 Maumere.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology
Depositing User: Mauritsius Moat Pitang
Date Deposited: 21 May 2025 00:55
Last Modified: 21 May 2025 00:55
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3029

Actions (login required)

View Item View Item