Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter Melalui Teori Belajar Behavioristik pada Peserta Didik Kelas X Agama di Sekolah Menengah Agama Katolik Santo Petrus Kewapante

LEWAR, Markus Anggelico Dony (2025) Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter Melalui Teori Belajar Behavioristik pada Peserta Didik Kelas X Agama di Sekolah Menengah Agama Katolik Santo Petrus Kewapante. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
Markus Anggelico Dony Lewar_ABSTRAK.pdf

Download (203kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya peningkatan pendidikan karakter pada peserta didik kelas X Agama di Sekolah Menengah Agama Katolik Santo Petrus Kewapante melalui penerapan teori belajar behavioristik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena karakter peserta didik yang belum menunjukkan sikap yang diharapkan, seperti datang terlambat, tidak tertib berpakaian, dan kurangnya rasa hormat terhadap guru. Teori belajar behavioristik dipilih sebagai pendekatan untuk mengatasi persoalan ini karena menekankan pada peran stimulus dan respon dalam pembentukan karakter. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori belajar behavioristik melalui penguatan positif dan negatif serta keteladanan pendidik dapat meningkatkan karakter peserta didik. Hasil akhir dari pengembangan teori belajar behavioristik pada peserta didik kelas X Agama di Sekolah Menengah Agama Katolik Santo Petrus Kewapante adalah peningkatan kedisiplinan, sikap tanggung jawab, serta penghargaan terhadap pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Teori Belajar Behavioristik, Peserta Didik, Kedisiplinan dan Sikap Hormat
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology
Depositing User: Mauritsius Moat Pitang
Date Deposited: 21 May 2025 01:21
Last Modified: 21 May 2025 01:21
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3022

Actions (login required)

View Item View Item