TAGE, Armelia Contesa Dhajo (2025) Efektivitas Metode Pembelajaran Naratif Eksperiensial Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IIIB Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti di SD Katolik Nataia Kabupaten Nagekeo. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.
![]() |
Text
Armelia Contesa Dhajo Tage_ABSTRAK.pdf Download (212kB) |
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas metode pembelajaran naratif eksperiensial terhadap hasil belajar peserta didik Kelas IIIB dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti di SD Katolik Nataia. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain yang diadaptasi dari Stephen Kemmis dan Robin McTaggart. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan instrument tes dan non tes. Instrument tes meliputi pretest dan postest, sedangkan instrument non tes meliputi lembar observasi dan lembar refleksi pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan antara siklus pertama dan siklus kedua. Hasil observasi menunjukan peningkatan keaktifan belajar peserta didik dari 73% pada siklus pertama menjadi 86% pada siklus kedua. Ketuntasan hasil belajar peserta didik meningkat dari 79% pada siklus pertama menjadi 100% pada siklus kedua. Dengan demikian, dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran naratif eksperiensial efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas IIIB dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti di SD Katolik Nataia Kabupaten Nagekeo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Naratif Eksperiensial, Hasil Belajar, Peserta didik |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology |
Depositing User: | Mauritsius Moat Pitang |
Date Deposited: | 21 May 2025 01:20 |
Last Modified: | 21 May 2025 01:20 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3021 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |