Penerapan Metode Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Dan Budi Pekerti Di Kelas III SDI Nataweru

DEA, Maria Fransiska (2025) Penerapan Metode Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Dan Budi Pekerti Di Kelas III SDI Nataweru. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
Maria Fransiska Dea_ABSTRAK.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode cerita bergambar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti. 2) Untuk mengetahui apakah penerapan metode cerita bergambar dapat meningkatkan minat membaca siswa kelas III SDI Nataweru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 12 peserta didik kelas III SDI Nataweru. Instrumen yang digunakan melalui observasi, tes, dan kuesioner. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode cerita bergambar dapat meningkatkan minat membaca peserta didik. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase minat baca pada siklus I 66,6% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 91,6%. Selain itu, penerapan metode ini juga dapat meningkatkan pemahaman peserta didik tentang materi pelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode cerita bergambar efektif dalam meningkatkan minat siswa dalam membaca dan memahami mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Cerita Berilustrasi, Minat Membaca, Pendidikan Agama Katolik.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology
Depositing User: Mauritsius Moat Pitang
Date Deposited: 21 May 2025 01:18
Last Modified: 21 May 2025 01:18
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3019

Actions (login required)

View Item View Item