Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Sebagai Strategi Literasi Terhadap Proses Pembeljaran Dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Pada Kelas XI P5 di SMAS Bhaktyarsa Maumere

ALFARES, Ricardo Allen (2025) Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Sebagai Strategi Literasi Terhadap Proses Pembeljaran Dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Pada Kelas XI P5 di SMAS Bhaktyarsa Maumere. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
Ricardo Allen Alfares_ABSTRAK.pdf

Download (350kB)

Abstract

Dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas sebagian Peserta Didik merasa bosan atau jenuh, hal ini dikarenakan metode yang diterapkan oleh guru sangat monoton. Hal ini menyebabkan minat dan perhatian peserta didik pada saat mengikuti KBM sangat kurang. Selain itu juga, para peserta didik juga memiliki minat literasi yang kurang, dikarenakan perkembangan teknologi yang semakin maju. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui penerapan model CTL dalam meningkatkan minat literasi peserta didik yang dilakukan di Kelas XI P5 SMAS Bhaktyarsa Maumere. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas menurut Kemmis dan McTaggar dengan 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan menggunakan beberapa tahap yaitu Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur minat literasi peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Pada tahap Pra Siklus, peneliti menerapkan model pembelajaran Ceramah sebagai perbandingan dan mendapati bahwa ketuntasan belajar peserta didik hanya sebesar 16,67% selanjutnya pada tahap Siklus I, penulis menerapkan model pembelajaran CTL dan mendapati bahwa ketuntasan belajar mencapai 53,33%. Sehingga peneliti melanjutkan pada tahap Siklus II dengan model yang sama, dan mendapati bahwa ketuntasan belajar serta minat berliterasi peserta didik mencapai 96,67%. Data perolehan di atas merupakan hasil data dalam mengukur minat literasi peserta didik serta ketuntasan belajar peserta didik yang mengalami peningkatan serta mendapat respon yang positif, hal ini terbukti dengan antusiasme peserta didik pada saat guru menerapkan model CTL dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran Ceramah. Peneliti mendapati bahwa peserta didik memiliki minat literasi yang bagus apabila guru menerapkan model pembelajaran yang tepat, dalam hal ini penerapan model CTL sebagai salah satu anjuran peneliti kepada guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Pemahaman Literasi, Proses Pembelajaran.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology
Depositing User: Mauritsius Moat Pitang
Date Deposited: 22 May 2025 00:38
Last Modified: 22 May 2025 00:38
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/2983

Actions (login required)

View Item View Item