SHERLY, Maria Caecilia (2025) Urgensi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik di SMAS Seminari St. Maria Bunda Segala Bangsa Maumere. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.
![]() |
Text
Maria Caecilia Sherly_ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
Abstract
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk: pertama, menganalisis kompetensi pedagogik guru. Kedua, menjelaskan kemampuan literasi peserta didik di SMAS Seminari St. Maria Bunda Segala Bangsa Maumere. Dalam menyelesaikan tulisan ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi untuk meneliti kompetensi pedadogik guru dan kemampuan literasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik penting bagi guru, terutama dalam upaya memahami karakteristik peserta didik, mengelola pembelajaran di kelas dan mengembangkan berbagai potensi peserta didik. Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi yang dimiliki oleh guru untuk menentukan tingkat keberhasilan pembelajaran peserta didik. Selain itu, dalam proses belajar-mengajar guru harus kompeten dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang menarik dengan menyiapkan materi yang unik dan disesuaikan dengan tingkatan kelas agar menarik peserta didik untuk menumbuhkan minat literasinya. Selain itu guru perlu merancang pembelajaran dengan tiga gaya belajar peserta didik yakni audio-visual, visual dan kinestetik. Pendidik merancang pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar dan kebutuhan peserta didik agar dapat memacu peserta didik untuk lebih giat belajar dan mengembangkan kemampuan literasi yang dimiliki untuk mencapai nilai yang baik. Oleh karena itu, dengan adanya kompetensi pedagogik guru yang baik, dapat membantu peserta didik dalam berliterasi agar berdaya guna dan unggul baik di sekolah maupun lingkungan sekitarnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi, Pedagogik, Guru, Literasi, Peserta Didik. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology |
Depositing User: | Mauritsius Moat Pitang |
Date Deposited: | 22 May 2025 00:04 |
Last Modified: | 22 May 2025 00:04 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/2971 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |