Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Dalam Mata Pelajaran Kitab Suci Untuk Meningkatkan Minat Membaca Kitab Suci Peserta Didik Kelas XI Ilmu-Ilmu Sosial Di SMAK Santa Maria Monte Carmelo Wairklau

WEA, Maria Oktacelina (2025) Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Dalam Mata Pelajaran Kitab Suci Untuk Meningkatkan Minat Membaca Kitab Suci Peserta Didik Kelas XI Ilmu-Ilmu Sosial Di SMAK Santa Maria Monte Carmelo Wairklau. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (746kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana metode pembelajaran diskusi dapat meningkatkan minat membaca Kitab Suci peserta didik Kelas XI Ilmu-Ilmu Sosial di SMAK Santa Maria Monte Carmelo Wairklau. Metode diskusi dipilih karena mendorong keterlibatan aktif peserta didik, memperkuat kemampuan berpikir kritis, serta membuka ruang dialog dalam memahami makna Kitab Suci secara kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi terhadap proses pembelajaran, wawancara dengan guru dan peserta didik, serta pembagian angket untuk mengetahui perubahan minat membaca sebelum dan sesudah penerapan metode diskusi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran diskusi memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan minat membaca Kitab Suci. Peserta didik menjadi lebih antusias dalam mengikuti pelajaran, aktif bertanya dan menanggapi, serta menunjukkan ketertarikan untuk membaca Kitab Suci secara mandiri. Suasana pembelajaran juga menjadi lebih hidup, terbuka, dan partisipatif. Dengan demikian, metode pembelajaran diskusi terbukti efektif dalam membangun kebiasaan membaca Kitab Suci dan meningkatkan minat belajar peserta didik dalam konteks pembelajaran agama. Metode ini relevan diterapkan dalam upaya memperkuat pendidikan iman yang reflektif dan bermakna di jenjang SMA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi, Kitab Suci, Minat Membaca, Peserta Didik, Kelas XI Ilmu-Ilmu Sosial, SMAK Santa Maria Monte Carmelo Wairklau
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology
Depositing User: Mr Floribertus Herichis Wanto Tapo
Date Deposited: 29 Oct 2025 00:42
Last Modified: 29 Oct 2025 00:42
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3645

Actions (login required)

View Item View Item