Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII A Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Di SMP Susila Koting

YOLANI, Maria (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII A Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Di SMP Susila Koting. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII A di SMP Susila Koting. Adapun metode yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen jenis one-group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A yang berjumlah 27 orang. Data dari penelitian ini diperoleh dari observasi pembelajaran kelas dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan signifikan rata-rata nilai hasil belajara antara pretest dan posttest. Perbedaan ini ditunjukkan dengan nilai paired sample t test sig. 2 tailed 0,000 < 0,05. Perbedaan signifikan menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran pendidikan agama katolik. Hasil nilai tes menunjukan skor rata-rata sebelum diberi perlakuan (pretest) sebesar 68,96 dan skor rata-rata sesudah diberi perlakuan (posttest) sebesar 85,85. Berdasarkan kajian peneliti maka disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual merupakan model pembelajaran yang mampu membuat peserta didik semakin aktif dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik akan semakin meningkat apabila dalam kegiatan belajar, pendidik menerapkan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dalam kegiatan pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar, Peserta Didik
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology
Depositing User: Mr Floribertus Herichis Wanto Tapo
Date Deposited: 29 Oct 2025 00:38
Last Modified: 29 Oct 2025 00:38
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3639

Actions (login required)

View Item View Item