Tanggapan Siswa SMASK St. John Paul II Maumere atas Kinerja Guru dalam Terang Instrumentum Laboris “Mendidik di Masa Kini dan Masa Depan: Semangat Yang Diperbarui” dan Relevansinya bagi Pengembangan Profesionalisme Gur

PEHE, Yosef (2025) Tanggapan Siswa SMASK St. John Paul II Maumere atas Kinerja Guru dalam Terang Instrumentum Laboris “Mendidik di Masa Kini dan Masa Depan: Semangat Yang Diperbarui” dan Relevansinya bagi Pengembangan Profesionalisme Gur. Masters thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (256kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis tanggapan siswa SMASK St. John Paul II Maumere atas kinerja guru dalam terang Instrumentum Laboris “Mendidik di Masa Kini dan Depan: Semangat Yang Diperbarui” dan relevansinya bagi pengembangan profesionalisme guru, (2) mendeskripsikan SMASK St. John Paul II Maumere, (3) mendeskripsikan konsep kinerja guru berdasarkan dokumen Instrumentum Laboris “Mendidik di Masa Kini dan Depan: Semangat Yang Diperbarui.” Metode penelitian dalam karya tulis ini adalah metode campuran (kualitatif dan kuantitatif). Objek yang diteliti adalah proses pendidikan di SMASK St. John Paul II Maumere. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah siswa SMASK St. John Paul II Maumere dan dokumen Instrumentum Laboris “Mendidik di Masa Kini dan Mendatang: Semangat Yang Diperbarui.” Sumber data sekunder diperoleh dari kepala sekolah dan guru SMASK St. John Paul II Maumere, pengurus Sanpukat serta pengawas SMA/SMK se-Kabupaten Sikka. Di samping itu, penulis juga membaca literatur-literatur yang relevan dan publikasi ilmiah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik interaktif melalui observasi langsung serta wawancara dan teknik non interaktif melalui pengisian kuisioner dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian, guru menjalankan perannya sesuai dengan yang diamanatkan dalam dokumen Instrumentum Laboris tersebut. Dokumen ini memuat enam hal penting tentang kinerja guru yakni; Pertama, membangun konteks pendidikan yang terdiri atas penghormatan terhadap martabat dan keunikan setiap individu, pengembangan keterampilan serta kreativitas dan pendidikan holistik. Kedua, memperkenalkan urgensitas penelitian. Ketiga, pengajaran sebagai sarana pendidikan. Keempat, pentingnya para pembelajar. Kelima, terbuka terhadap mereka yang berbeda agama dan budaya melaui dialog yang mengutamakan spirit kebebasan, solidaritas dan kepeduliaan. Keenam, kerja sama positif dengan lembaga-lembaga lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan siswa mengenai kinerja guru berbasis Instrumentum Laboris berkorelasi positif terhadap pengembangan profesionalisme guru. Pengembangan profesionalisme guru meliputi; Pertama, optimalisasi kinerja guru dalam proses pembelajaran melalui penguatan kompetensi guru, evaluasi kinerja guru yang terintegrasi, penguatan karakter dan nilai, peningkatan metode pembelajaran efektif dan program guru penggerak. Kedua, membangun kesadaran guru sebagai evangelisasi baru. Ketiga, membangun kerja sama sinergis antara sekolah, yayasan dan pemerintah. Keempat, mengubah wajah sekolah Katolik menuju habitus baru sebagai komunitas transformatif, misioner dan solider

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan Siswa, Kinerja Guru, Instrumentum Laboris, Profesionalisme Guru
Subjects: 200 – Agama > 260 Teologi sosial dan gerejawi > 261 Teologi sosial
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: 77101 Ilmu Agama/Teologi Katolik
Depositing User: Mr Floribertus Herichis Wanto Tapo
Date Deposited: 23 Oct 2025 02:58
Last Modified: 23 Oct 2025 02:58
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3606

Actions (login required)

View Item View Item