Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Peminatan 2 Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti di SMAS Bhaktyarsa Maumere

SOROMAKING, Mariati Lianu Lipa (2024) Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Peminatan 2 Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti di SMAS Bhaktyarsa Maumere. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (931kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
BAB V -DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI peminatan 2 di SMAS Bhaktyarsa Maumere. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi masalah yang dialami oleh peserta didik berkaitan dengan motivasi belajar. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robin Mctaggart. Dalam metode ini terdapat empat tahap yang dilalui yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes dan non tes. Instrumen tes berupa pre test dan post test yang dilaksanakan pada setiap siklus, sedangkan instrumen non tes berupa lembar observasi, lembar refleksi, dan wawancara. Berdasarkan data hasil penelitian selama pelaksanaan tindakan siklus I dan siklus II diperoleh peningkatan hasil, baik hasil observasi maupun hasil belajar. Pada siklus I rata-rata penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) sebesar 70,33% dan pada siklus II meningkat menjadi 80%. Peningkatan penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) juga sejalan dengan peningkatan motivasi belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata motivasi belajar yakni pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80%. Rata-rata hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dari 78.03% pada siklus I menjadi 81.76% pada siklus II. Dengan demikian berdasarkan data yang telah diperoleh peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) sangat baik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI peminatan 2 di SMAS Bhaktyarsa Maumere, hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan motivasi belajar yang sangat signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Team Games Tournament (TGT), Motivasi Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: 77101 Ilmu Agama/Teologi Katolik
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 14 Aug 2024 23:24
Last Modified: 14 Aug 2024 23:24
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/2412

Actions (login required)

View Item View Item