MAGDALENNA, Hilleris (2024) Penerapan Metode Jigsaw Dalam Mata Pelajaran Sejarah Gereja dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Agama di SMAK St. Petrus Kewapante. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.
Text
ABSTRAK.pdf Download (957kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (417kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
|
Text
BAB V -DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (324kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (644kB) |
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik Kelas X Agama di SMAK St. Petrus Kewapante Tahun Ajaran 2023/2024 melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas X Agama di SMAK St. Petrus Kewapante Tahun Ajaran 2024/2025 yang berjumlah 16 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan siklus II dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berupa pre test dan post test, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dari skor rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 81,63 dan siklus II mencapai 91,31. Prosentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 88% dan prosentase ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas X Agama di SMAK St. Petrus Kewapante Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Peserta Didik |
Subjects: | 200 – Agama > 260 Teologi sosial dan gerejawi > 260 Teologi sosial dan eklesiastik Kristen 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | 77101 Ilmu Agama/Teologi Katolik |
Depositing User: | Mr Fransiskus Xaverius Sabu |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 23:19 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 23:19 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/2404 |
Actions (login required)
View Item |