Penerapan Metode Jigsaw Dalam Mata Pelajaran Sejarah Gereja dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Agama di SMAK St. Petrus Kewapante

MAGDALENNA, Hilleris (2024) Penerapan Metode Jigsaw Dalam Mata Pelajaran Sejarah Gereja dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Agama di SMAK St. Petrus Kewapante. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (957kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
BAB V -DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (644kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik Kelas X Agama di SMAK St. Petrus Kewapante Tahun Ajaran 2023/2024 melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas X Agama di SMAK St. Petrus Kewapante Tahun Ajaran 2024/2025 yang berjumlah 16 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan siklus II dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berupa pre test dan post test, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dari skor rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 81,63 dan siklus II mencapai 91,31. Prosentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 88% dan prosentase ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas X Agama di SMAK St. Petrus Kewapante Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Peserta Didik
Subjects: 200 – Agama > 260 Teologi sosial dan gerejawi > 260 Teologi sosial dan eklesiastik Kristen
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: 77101 Ilmu Agama/Teologi Katolik
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 14 Aug 2024 23:19
Last Modified: 14 Aug 2024 23:19
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/2404

Actions (login required)

View Item View Item