Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas Xl Mipa 2 SMAS Bhaktyarsa Maumere.

YOHANES, Bonefasius (2023) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas Xl Mipa 2 SMAS Bhaktyarsa Maumere. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB l.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB ll.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB lll.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
BAB lV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
BAB V dan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (506kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk (1) menjelaskan tentang model pembelajaran, cooperative learning, aktifitas belajar, dan peserta didik, (2) menjelaskan tentang peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama katolik yang menerapkan model pembelajaran cooperative learning kelas Xl Mipa 2 SMAS Bhaktyarsa Maumere. Metode penulisan yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif. Data-data yang diambil dan dianalisis oleh penulis didasarkan pada observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Penulis mencari dan mengumpulkan data-data, berupa dokumen sekolah, buku-buku, jurnal, dan literature online yang berkaitan dengan tema tulisan. Data-data ini kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat dua faktor yang mempengaruhi aktivitas belajar peserta didik. (1) Faktor internal. Yang termasuk ke dalam faktor internal meliputi: Faktor fisiologis dan faktor psikologis. Faktor fisiologis yang mempengaruhi aktivitas belajar peserta didik adalah kondisi fisik peserta didik. Faktor psikologis yang mempengaruhi aktivitas belajar peserta didik adalah perhatian, tanggapan, ingatan, dan berpikir. (2) Faktor eksternal. Yang termasuk ke dalam faktor eksternal meliputi: faktor keluarga, faktor masyarakat, dan faktor sekolah. Faktor keluarga yang mempengaruhi aktivitas belajar peserta didik di sekolah adalah kurangnya perhatian dan bimbingan dari orang tua. Faktor masyarakat yang mempengaruhi aktivitas belajar peserta didik adalah pergaulan peserta didik dengan orang lain disekitarnya. Faktor sekolah yang mempengaruhi aktivitas belajar peserta didik adalah kualitas guru, metode mengajarnya, dan fasilitas atau perlengkapan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Cooperative Learning, Aktivitas Belajar, dan Peserta Didik
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 379 Masalah kebijakan publik dalam pendidikan; peraturan-peraturan pendidikan
Divisions: 77101 Ilmu Agama/Teologi Katolik
Depositing User: Rineldis Kelan
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:22
Last Modified: 20 Sep 2023 03:22
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/1784

Actions (login required)

View Item View Item