Makna Kerja bagi Guru dan Tenaga Kependidikan di SMK St. Isidorus Boawae dalam Perspektif Laborem Exercens dan Implikasinya bagi Proses Pendidikan

MADUR, Karolus Yohanes Lali (2023) Makna Kerja bagi Guru dan Tenaga Kependidikan di SMK St. Isidorus Boawae dalam Perspektif Laborem Exercens dan Implikasinya bagi Proses Pendidikan. Masters thesis, IFTK Ledalero.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (443kB)

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk: pertama, mengetahui profil SMK PP. St. Isidorus Boawae. Kedua, mengetahui dan memahami kerja dan maknanya menurut ensiklik Laborem Exercens. Ketiga, menyelisik makna kerja bagi para guru dan tenaga kependidikan SMK PP St. Isidorus Boawae berdasarkan perspektif Laborem Exercens. Keempat, menjelaskan implikasi makna kerja menurut Laborem Exercens bagi proses pendidikan di SMK PP St. Isidorus Boawae. Metode yang dipakai dalam penulisan tesis ini ialah studi kepustakaan dan penelitian lapangan. Studi kepustakaan berfokus pada ensiklik Laborem Exercens dan literatur pendukung lainnya yang bertujuan menemukan poin-poin penting mengenai kerja dan maknanya yang terkandung di dalam ensiklik tersebut. Penelitian lapangan berfokus pada kajian mengenai kerja para guru dan tenaga kependidikan di SMK PP. St. Isidorus Boawae dan bagaimana mereka memaknainya dalam perspektif Laborem Exercens. Pengumpulan data dalam kajian ini menggunakan metode wawancara terstruktur dengan narasumber yang telah ditentukan sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. Data-data hasil wawancara dianalisis dan diperkuat dengan metode observasi partisipatoris. Terdapat enam poin penting yang merupakan makna kerja dalam ensiklik Laborem Exercens. Poin-poin tersebut adalah: kerja sebagai aktivitas manusiawi dan bentuk pengungkapan martabat pribadi manusia; kerja sebagai actus personae; kerja sebagai sebuah kewajiban; kerja sebagai panggilan untuk terlibat dalam karya penciptaan Allah; kerja sebagai bentuk keterlibatan dalam karya penebusan Kristus; kerja sebagai bentuk pengembangan dan aktualisasi diri manusia. Enam hal sebagai makna kerja menurut ensiklik Laborem Exercens ini, diterapkan bagi para guru dan tenaga kependidikan dalam aktivitas kerja di SMK PP. St. Isidorus Boawae dengan batuan pertanyaan-pertanyaan dalam proses wawancara untuk menyingkap pemaknaan mereka atas kerja di lembaga tersebut. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa para guru dan tenaga pendidikan yang diwawancarai dan diobservasi oleh penulis bekerja dan mengahayati pekerjaannya sesuai dengan makna kerja di dalam ensklik Laborem Exercens. Penghayatan kerja yang sejalan dengan perspektif ensiklik tersebut berimplkasi pada proses pendidikan di lembaga tersebut, yaitu pendidikan yang menjunjung tinggi martabat manusia, pendidikan yang memanusiakan anak didik, pendidikan yang membuka ruang bagi aktualisasi diri anak didik dan pendidikan yang menumbuhkan iman dan karakter anak didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Laborem Exercens, guru dan tenaga kependidikan, kerja dan maknanya
Subjects: 200 – Agama > 260 Teologi sosial dan gerejawi > 262 Eklesiologi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: 77101 Ilmu Agama/Teologi Katolik
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:38
Last Modified: 27 Jul 2023 04:38
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/1743

Actions (login required)

View Item View Item