Implementasi Pendidikan Karakter sebagai Strategi Pendampingan dalam Mengatasi Kenakalan Remaja.

MENDES, Cornelio Da Costa (2023) Implementasi Pendidikan Karakter sebagai Strategi Pendampingan dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.

[img] Text
Cornelio Da Costa Mendes_Abstraksi.pdf

Download (66kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk (1) menjelaskan siapa itu kaum remaja dan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kenakalan remaja, (2) mendeskripsikan pendidikan karakter dan strategi-strateginya, dan (3) mengimplementasikan pendidikan karakter sebagai strategi untuk mengatasi kenakalan kaum remaja. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan spesifikasi studi kepustakaan. Melalui metode penelitian kepustakaan ini, penulis mengkaji sumber-sumber tulisan tentang kaum remaja dan pendidikan karakter, melalui buku-buku, kamus, ensiklopedia, jurnal ilmiah, dan artikel-artikel dari internet untuk memperdalam dan menyelesaikan penulisan karya ilmiah ini. Berdasarkan metode penelitian ini, penulis menemukan bahwa kenakalan remaja merupakan salah satu bagian yang tak dapat dipisahkan dari proses pertumbuhan dan perkembangan remaja. Pertumbuhan dan perkembangan remaja yang ditandai dengan proses pencarian identitas berpengaruh terhadap perilaku remaja. Dewasa ini, pencarian identitas dapat menjadi cikal bakal atau salah satu faktor yang menyebabkan maraknya kenakalan remaja seperti kekerasan seksual, tawuran, pornografi dan sebagainya. Berhadapan dengan fenomena ini, implementasi pendidikan karakter sebagai suatu proses strategis untuk pendampingan remaja menjadi sangat urgen dan relevan, baik di dalam lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Pendidikan karakter merupakan suatu pendidikan yang berorientasi pada pembentukan karakter manusia dan meningkatkan kesadaran moral dalam diri setiap pribadi. Secara khusus, pendidikan karakter merupakan suatu pendidikan yang bertujuan untuk membentuk sikap, perilaku, dan karakter yang baik dalam diri peserta didik, agar menjadi manusia yang cerdas dan berkepribadian integral. Dengan demikian, pendidikan karakter dapat membantu manusia, secara khusus kaum remaja dalam pembentukan karakter yang baik dan matang serta pribadi yang integral.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kaum Remaja, Kenakalan Remaja, dan Implementasi Pendidikan Karakter
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: 75201 Ilmu Filsafat
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 25 May 2023 01:21
Last Modified: 17 Jul 2023 00:35
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/1616

Actions (login required)

View Item View Item