DHALO, Maria Angelin (2022) Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Manfaatnya Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas IX di SMP Swasta Katolik Nirmala Jopu. Masters thesis, IFTK Ledalero.
Text
ABSTRAK.pdf Download (480kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (434kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
|
Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (360kB) |
Abstract
Tulisan ini disusun dengan rumusan masalah utama yakni apakah pembelajaran Pendidikan Agama Katolik mempunyai manfaat dalam pembentukan karakter peserta didik kelas IX di SMP Swasta Katolik Nirmala Jopu? Tujuan dari penulisan ini adalah mau menjawabi pertanyaan dasar mengenai pembelajaran Pendidikan Agama Katolik dan manfaatnya dalam pembentukan karakter peserta didik kelas IX di SMP Swasta Katolik Nirmala Jopu. Obyek yang menjadi pusat penelitian adalah pembelajaran Pendidikan Agama Katolik di SMP Swasta Katolik Nirmala Jopu. Subyek penelitian adalah para pendidik (Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran Umum, Guru mata pelajaran Agama Katolik) dan peserta didik kelas IX. Penulis menggunakan dua jenis pendekatan dalam menyelesaikan tulisan ini, yakni pendekatan penelitian kepustakaan dan pendekatan penelitian lapangan. Pola pendekatan yang dipakai oleh penulis dalam penelitian kepustakaan adalah intepretasi teks sedangkan pendekatan penelitian lapangan dilakukan dengan menggunakan gabungan dua metode penelitian, yakni penelitian kualitatif melalui wawancara dan penelitian kuantitatif melalui penyebaran questioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Katolik di sekolah membawa manfaat yang besar bagi perkembangan diri dan karakter peserta didik. Para siswa memahami bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Katolik mempunyai manfaat dalam membentuk karakter diri mereka. Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik bukan hanya sebatas pada teori-teori dan mengejar prestasi akademik tetapi juga fokus pembelajaran Pendidikan Agama Katolik adalah membantu perkembangan kepribadian peserta didik dalam membangun nilai-nilai kejujuran, kepekaan, kebijaksanaan dan hati nurani. Selain itu, manfaat yang diperoleh peserta didik dalam Pendidikan Agama Katolik adalah membuat mereka semakin peka dan peduli serta mampu menjalin hubungan baik dengan orangtua, guru dan teman-teman, mengubah sikap hidup mereka dari tidak baik ke arah yang lebih baik, dan menyadarkan mereka akan keaktifan dalam kehidupan menggereja. Pelajaran Pendidikan Agama Katolik menjadi sarana yang baik dalam membina dan membimbing moral siswa secara personal maupun secara kelompok kecil dalam kelas. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler juga tergolong efektif dan efisien dalam membantu proses pembinaan dan pengembangan moral dan karakter peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan sekolah merupakan salah satu media yang potensial untuk pembinaan karakter dan peningkatan mutu akademik peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler berupa kegiatan rohani dan kegiatan pembinaan lainnya di sekolah membawa nilai positif untuk perkembangan diri siswa. Keterlibatan siswa dalam kegiatan rohani menyadarkan mereka akan perbuatan dan tingkah laku mereka selama ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Katolik dan Pembentukan Karakter Peserta Didik |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | 77101 Ilmu Agama/Teologi Katolik |
Depositing User: | Mr Fransiskus Xaverius Sabu |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 01:11 |
Last Modified: | 06 May 2024 03:59 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/1337 |
Actions (login required)
View Item |