Pengaruh Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan Dan Perkembangan Karakter Kaum Remaja

NGENTA, Anselmus (2022) Pengaruh Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan Dan Perkembangan Karakter Kaum Remaja. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.

[img] Text
Anselmus Ngenta_Abstraksi.pdf

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pandemi Covid-19, (2) mendeskripsikan pendidikan dan perkembangan karakter kaum remaja, (3) mengungkapkan pengaruh pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 terhadap pendidikan dan perkembangan karakter kaum remaja, dan (4) menjelaskan bagaimana para pelaku pendidikan memaknai tantangan dan peluang dari pembelajaran daring. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti adalah pengaruh pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 terhadap pendidikan dan perkembangan karakter kaum remaja. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari buku-buku, jurnal, majalah, internet, dan penelitianpenelitian terdahulu yang berkaitan dengan pengaruh pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 terhadap pendidikan dan perkembangan karakter kaum remaja pada umumnya. Pandemi Covid-19 merupakan sebuah wabah penyakit yang hingga saat ini masih menjadi persoalan serius baik di kalangan para peneliti kesehatan, kaum akademik, maupun masyarakat awam. Hal ini tentunya dilatarbelakangi oleh situasi dan kondisi pascacovid-19 yang menyebar sekaligus mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia, tidak terkecuali aspek pendidikan. Pembelajaran secara daring merupakan sebuah pilihan sekaligus kebijakan yang diberikan oleh pemerintah untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Dalam hal ini pembelajaran secara daring menjadi satu-satunya pilihan terbaik yang diberikan oleh pemerintah kepada lembaga pendidikan. Pembelajaran daring ini membawa pengaruh terhadap perkembangan karakter kaum remaja, dalam beberapa aspek, seperti dijelaskan pada bab keempat skripsi ini. Bagi penulis, pengaruh-pengaruh itu adalah tantangan sekaligus peluang bagi perkembangan karakter kaum remaja sejauh para pelaku pendidikan memaknai secara serius dan kreatif proses pembelajaran daring kedepannya. Dan karena itu penulis juga menyoroti pentingnya sikap-sikap seperti kerja sama yang harus dibina dan diperketat antara sekolah, keluarga dan masyarakat luas dalam pembentukkan karakter kaum remaja di tengah pandemi. Berbagai kendala ditemukan kaum remaja seperti proses belajar yang diharuskan secara daring, keterbatasan interaksi sosial dengan teman sebaya maupun berbagai kegiatan outdoor yang harus dikurangi demi mengurangi potensi penyebaran virus yang semakin luas. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan dampak pembelajaran daring selama pandemi Covid- 19 terhadap perkembangan karakter kaum remaja yang merupakan salah satu aspek penting bagi setiap kaum remaja untuk menentukan kesuksesan (kaum remaja) di masa depan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Pembelajaran Daring, Karakter Kaum Remaja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi Ilmu Filsafat
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 24 May 2022 23:27
Last Modified: 14 Jul 2022 03:17
URI: http://repository.stfkledalero.ac.id/id/eprint/1257

Actions (login required)

View Item View Item