Pentingnya Pendidikan Berwawasan Ekologis bagi Pembentukan Kaum Muda yang Ramah Lingkungan

SURI, Gabriel Oscar Angelis Ndona (2025) Pentingnya Pendidikan Berwawasan Ekologis bagi Pembentukan Kaum Muda yang Ramah Lingkungan. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
Gabriel Oscar Angelis Ndona Suri_ABSTRAK.pdf

Download (130kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan konsep-konsep dasar pendidikan berwawasan ekologis; (2) menjelaskan perspektif mengenai kaum muda yang ramah lingkungan; (3) menganalisis pentingnya pendidikan berwawasan ekologis bagi pembentukan kaum muda yang ramah lingkungan. Metode penelitian yang dipakai dalam penulisan ini ialah penelitian kepustakaan. Melalui metode ini penulis membaca dan menganalisis topik mengenai pendidikan berwawasan ekologis dan kaum muda yang ramah lingkungan. Penulis kemudian menghubungkan kedua topik di atas dan menghasilkan skripsi ini. Pendidikan berwawasan ekologis merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh semua orang untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, kepedulian dan keterampilan ekologis demi terciptanya lingkungan hidup yang berkelanjutan. Kaum muda menjadi fokus penulis karena kaum muda merupakan generasi masa depan yang akan mewarisi keberlanjutan lingkungan di masa yang akan datang. Pendidikan merupakan aspek penting dalam membentuk kepribadian dan perilaku individu, secara khusus kaum muda. Di tengah maraknya permasalahan lingkungan saat ini, pendidikan berwawasan ekologis menjadi suatu kebutuhan yang sangat krusial. Pendidikan berwawasan ekologis ini, tidak hanya menanamkan ilmu mengenai lingkungan saja tetapi juga membangun kesadaran, kepedulian serta perilaku yang mendukung pelestarain lingkungan. Kaum muda memiliki peranan besar sebagai generasi penerus yang mampu menggerakkan perubahan positif terhadap isu lingkungan. Melalui pendidikan yang menanamkan nilai-nilai ekologis secara konsisten, kaum muda dibentuk dan dibekali kemampuan dan kesadaran untuk mengatasi berbagai tantangan ekologis. Pembentukan kaum muda yang ramah lingkungan ini merupakan tanggung jawab banyak pihak seperti pemerintah, sekolah, keluarga, masyarakat dan berbagai institusi keagamaam. Pihak-pihak di atas dengan cara mereka masing-masing dapat memberikan kontribusi dalam pendidikan berwawasan ekologis bagi pembentukan kaum muda yang ramah lingkungan. Hal ini pada akhirnya akan menciptakan kaum muda sebagai generasi masa depan yang ramah lingkungan dengan mempraktikan cara hidup berkelanjutan yang secara langsung dapat mengurangi masalah-masalah lingkungan yang ada secara perlahan-lahan. Kaum muda yang ramah lingkungan memiliki keterampilan ekologis yang mampu menciptakan inovasi demi mengatasi masalah-masalah lingkungan hidup yang sedang terjadi dalam dunia saat ini. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pendidikan berwawasan ekologis berperan penting dalam pembentukan kaum muda yang ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Wawasan Ekologis; Kaum Muda; Ramah Lingkungan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 363 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial lainnya
Divisions: 75201 Ilmu Filsafat
Depositing User: Mauritsius Moat Pitang
Date Deposited: 23 May 2025 00:44
Last Modified: 23 May 2025 00:44
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3069

Actions (login required)

View Item View Item