Peranan Pelaku Pendidik dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Kristiani bagi Anak Sekolah Dasar di Wilayah Paroki Santo Yoseph Laja dalam Terang Deklarasi Gravissimum Educationis

DUA, Antonius (2023) Peranan Pelaku Pendidik dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Kristiani bagi Anak Sekolah Dasar di Wilayah Paroki Santo Yoseph Laja dalam Terang Deklarasi Gravissimum Educationis. Masters thesis, IFTK Ledalero.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
KEPUSTAKAAN.pdf

Download (382kB)
[img] Text
LAMPIRAN I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
LAMPIRAN II.pdf

Download (446kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan anak sekolah dasar di wilayah Paroki Santo Yoseph Laja sebagai fokus penanaman nilai moral Kristiani, (2) memahami pelaku pendidik dan peranannya dalam terang deklarasi Gravissimum Educationis, (3) mengetahui dan menjelaskan proses peranan pelaku pendidik dalam menanamkan nilai-nilai moral Kristiani bagi anak sekolah dasar di wilayah Paroki Santo Yoseph Laja dalam terang deklarasi Gravissimum Educationis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi kepustakaan dan metode penelitian lapangan. Dengan melihat hubungan antara studi pustaka dan studi lapangan, penulis membagi tesis ini ke dalam lima bab. Bab pertama merupakan pendahuluan dari keseluruhan karya ilmiah ini. Bab kedua membahas profil sekolah dasar di wilayah Paroki Santo Yoseph Laja. Bab ketiga membahas konsep pelaku pendidik dalam terang deklarasi GE. Bab keempat membahas dan menganalisis peranan pelaku pendidik di wilayah Paroki Santo Yoseph Laja dalam menanamkan nilai-nilai moral Kristiani bagi anak sekolah dasar. Bab kelima merupakan penutup dari tesis ini yang berisi kesimpulan dan saran. Saat ini teknologi dan globalisasi telah menggeser aspek nilai moral di kalangan anak-anak usia sekolah dasar. Bidang pendidikan baik pendidikan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat menjadi salah satu alternatif yang dapat membantu anak-anak untuk menghayati nilai-nilai moral secara berkelanjutan. Gereja Katolik Roma melalui Konsili Vatikan II mengeluarkan deklarasi Gravissimum Educationis yang menekankan pentingnya peran pelaku pendidik mulai dari orang tua, guru, dan masyarakat dalam menanamkan nilai-nilai moral Kristiani bagi anak-anak usia sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan beberapa hal berikut. (1) Gereja melalui deklarasi Gravissimum Educationis telah menggarisbawahi pentingnya pendidikan dalam membentuk generasi masa depan yang memiliki kapasitas nilai-nilai moral Kristiani yang kuat. (2) Bagi para pelaku pendidik pendidik di wilayah Paroki Santo Yoseph Laja, deklarasi Gravissimum Educationis merupakan gagasan atau pedoman yang memberikan arah dalam menanamkan nilai-nilai moral Kristiani bagi bagi anak-anak sekolah dasar seperti: nilai cinta kasih, nilai solidaritas, nilai kejujuran, dan nilai hormat. (3) Masing-masing para pelaku pendidik baik orang tua, guru, dan masyarakat mempunyai upaya-upaya yang khas dalam mendukung pendidikan nilai moral bagi anak-anak sekolah dasar. (4) Kerja sama di antara para pelaku pendidikan merupakan suatu conditio sine qua non demi meningkatkan kelestarian nilai moral.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pelaku Pendidik, Deklarasi Gravissimum Educationis, Nilai Moral Kristiani, Anak Sekolah Dasar
Subjects: 200 – Agama > 260 Teologi sosial dan gerejawi > 262 Eklesiologi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: 77101 Ilmu Agama/Teologi Katolik
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:10
Last Modified: 25 Jul 2023 04:10
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/1699

Actions (login required)

View Item View Item