Peranan Kecerdasan Emosional bagi Pengembangan Self Leadership pada Siswa-siswa SMA Seminari Bunda Segala Bangsa Maumere

WOGA, Paladius (2021) Peranan Kecerdasan Emosional bagi Pengembangan Self Leadership pada Siswa-siswa SMA Seminari Bunda Segala Bangsa Maumere. Undergraduate thesis, IFTK Ledalero.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (794kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (244kB)

Abstract

Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali emosi, mengelola emosi dan memotivasi diri, mengenali dan mengelola emosi orang lain (empati), serta membina hubungan dengan orang lain. Sedangkan kepemimpinan diri adalah kemampuan seseorang untuk memengaruhi pemikiran, perasaan, dan tindakan mereka untuk mencapai tujuan akhir yang diharapkan. Kecerdasan emosional dan kepemimpinan diri adalah satu kesatuan yang turut membentuk karakter seorang individu. Orang yang memiliki kecerdasan emosional yang baik pasti akan membentuk kepemimpinan diri yang baik pula. Kecerdasan emosional sangat berpengaruh terhadap kepemimpinan diri seseorang. Kepemimpinan diri yang efektif sangat dipengaruhi oleh empat elemen kecerdasan emosional yaitu: kesadaran diri; manajemen diri; kesadaran sosial dan manajemen hubungan. Dengan kata lain, Kecerdasan emosional membantu seseorang untuk mampu mengenal, mengatur dan memotivasi diri, serta berempati dan memiliki kecakapan dalam membina hubungan dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengenal tingkat kecerdasan emosional para siswa SMA Seminari Bunda Segala Bangsa Maumere terutama dalam pengembangan kepemimpinan diri dalam program-program formasi yang mereka jalankan. Jumlah responden yang terlibat dalam survei adalah 30 orang dan jumlah responden dalam wawancara adalah 5 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (mix method) dan menggunakan analisis statistik dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa SMA Seminari BSB memiliki tingkat kecerdasan emosional yang tinggi, tingkat kepemimpinan diri yang cukup baik, dan tingkat program pembinaan yang mereka jalankan cukup tinggi. Kesimpulan umum yang bisa ditarik dari penelitian ini ialah para siswa SMA Seminari BSB sudah memaksimalkan peranan kecerdasan emosi dalam meningkatkan kepemimpinan diri mereka untuk menjalankan pelbagai program formasi yang mereka terima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, kepemimpinan diri, program pembinaan
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: 75201 Ilmu Filsafat
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 22 May 2021 01:55
Last Modified: 05 Dec 2022 06:56
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/762

Actions (login required)

View Item View Item