Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti di SDI Gere

KOSTODIA, Bernadetha (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti di SDI Gere. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed methods) yang mengombinasikan penelitian kuantitaif dan kualitatif, dengan metode penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes (pre test dan post test), dan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari pra tindakan ke siklus I, dan meningkat lagi pada siklus II. Hasil yang diperoleh dari siklus 1: pertemuan I tidak tuntas 60% dan tuntas 40% dan pertemuan II tidak tuntas 20% dan tuntas 80%. Observasi untuk siklus 1 untuk dua pertemuan ini memperoleh nilai yang tuntas hanya 53% dan tidak tuntas 46%. Untuk siklus 2: pertemuan I yang tidak tuntas 26% dan yang tuntas 73% dan untuk pertemuan II nilai yang tuntas adalah 100%, semua peserta didik memperoleh nilai yang tuntas. Hasil observasi untuk siklus yang kedua ini adalah 100%. Dari hasil yang diperoleh peserta didik dari siklus 1 dan siklus 2 ini dapat disimpulkan bahwa keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran juga mengalami peningkatan yang signitikan. Dengan demikian, model pembelajaran kontekstual terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar,Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Peserta Didik kelas V SDI Gere
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology
Depositing User: Mr Floribertus Herichis Wanto Tapo
Date Deposited: 29 Oct 2025 00:24
Last Modified: 29 Oct 2025 00:24
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3616

Actions (login required)

View Item View Item