Relevansi Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Pembinaan Pembinaan Calon Imam di Seminari Maria Bunda Segala Banghsa Maumere

BUDU, Frengkinandus (2025) Relevansi Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Pembinaan Pembinaan Calon Imam di Seminari Maria Bunda Segala Banghsa Maumere. Masters thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (635kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, mengetahui implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka di Seminari Maria Bunda Segala Bangsa Maumere. Kedua, mengetahui relevansi implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka terhadap pembinaan calon imam. Metode yang dipakai dalam penulisan ini adalah metode studi kepustakaan dan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan metode campuran yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Studi kepustakaan berfokus pada literatur pendukung yang bertujuan menemukan poin-poin penting dalam implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka. Penelitian lapangan berfokus pada kajian mengenai relevansi implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka terhadap pembinaan calon imam di Seminari Maria Bunda Segala Bangsa Maumere. Pengumpulan data dalam kajian ini menggunakan metode kuesioner, wawancara dan observasi partisipatoris dengan menggunakan teknik random sampling dimana sampel yang diambil benar-benar mewakili populasi secara adil. Terdapat enam dimensi penting yang terdapat dalam Profil Pelajar Pancasila. Keenam dimensi ini mencakup dimensi beriman, bertakwah kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak Mulia, dimensi berekebhinnekaan global, dimensi bergotong royong, dimensi mandiri, dimensi bernalar kritis, dan dimensi kreatif. Dimensi beriman, bertakwah kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia membantu peserta didik memiliki keyakinan kuat kepada Tuhan dan menjalankan ajaran agama dengan baik serta berperilaku sesuai dengan nilai- nilai moral yang luhur. Dimensi berkebhinnekaan global dapat membentuk peserta didik yang memiliki sikap terbuka, menghargai perbedaan serta kemampuan berinteraksi dengan berbagai budaya baik di tingkat nasional maupun di tingkat internasional. Dimensi bergotong royong menekankan pentingnya bekerja sama dan membangun solidaritas dalam masyarakat. Diemensi mandiri membantu peserta didik untuk mengelola pikiran, perasaan, dan tindaan secara bertanggung jawab. Dimensi bernalar kritis membantu peserta didik untuk berpikir jernih, logis, dan analitis. Dimensi kreatif membantu peserta didik untuk menghasilkan karya atau tindakan yang original, bermanfaat, dan bermakna. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka relevan dan memberikan dampak positif bagi pembinaan calon imam di SMA Seminari Maria Bunda Segala Bangsa Maumere yang tidak hanya memiliki pengetahuan yang baik tetapi memiliki spiritual dan moral yang baik

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka, Seminari Maria Bunda Segala Bangsa Maumere, calon imam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: 77101 Ilmu Agama/Teologi Katolik
Depositing User: Mr Floribertus Herichis Wanto Tapo
Date Deposited: 23 Oct 2025 02:41
Last Modified: 23 Oct 2025 02:41
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3593

Actions (login required)

View Item View Item