Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial YouTube terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Kewirausahaan IFTK Ledalero

BAGUS, Yusufiagil Yuwar Deden (2025) Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial YouTube terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Kewirausahaan IFTK Ledalero. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (616kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (677kB)

Abstract

Sistem pembelajaran konvensional yang berpusat pada pendidik dinilai memiliki keterbatasan signifikan dalam cakupan informasi yang disampaikan. Hal ini disebabkan oleh sifatnya yang satu arah, di mana pengetahuan hanya bersumber pada materi terstruktur seperti buku teks, modul, atau presentasi dosen tanpa mengintegrasikan perkembangan ilmu terkini. Keterbatasan ini berimplikasi pada rendahnya kemampuan mahasiswa dalam mengakses dan menganalisis sumber pengetahuan yang lebih luas. Program Studi Kewirausahaan IFTK Ledalero merupakan salah satu program studi yang menuntut kreativitas dan adaptasi terhadap dinamika dunia usaha. Menghadapi tantangan dalam membangun kemandirian belajar mahasiswa, YouTube sebagai platform fleksibel dan interaktif, dinilai potensial menjadi solusi untuk meningkatkan kemandirian belajar melalui akses konten edukatif seperti tutorial bisnis, analisis pasar, dan kisah sukses pengusaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan media sosial YouTube terhadap kemandirian belajar mahasiswa Program Studi Kewirausahaan IFTK Ledalero. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara terstruktur, penyebaran kuesioner, dan uji statistik. Populasi penelitian terdiri dari 155 mahasiswa, dengan sampel sebanyak 89 responden yang dipilih melalui simple random sampling. Instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya, di mana seluruh item kuesioner memenuhi kriteria valid (r hitung > r tabel) dan reliabel (Cronbach’s Alpha > 0,70). Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan persamaan Y = 4,611 + 0,814X, yang mengindikasikan bahwa setiap peningkatan satu satuan pemanfaatan YouTube berkontribusi pada peningkatan kemandirian belajar sebesar 0,814 satuan. Nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) dan t hitung 12,985 membuktikan bahwa pengaruh tersebut signifikan secara statistik. Temuan ini diperkuat oleh tanggapan positif dari dosen dan mahasiswa, yang menyatakan bahwa YouTube membantu eksplorasi materi mandiri, penyelesaian tugas, serta memperkaya wawasan di luar kelas. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa YouTube dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam mendorong kemandirian belajar mahasiswa, terutama dalam konteks pendidikan tinggi yang menuntut adaptasi terhadap perkembangan teknologi. Oleh karena itu, institusi pendidikan dapat mempertimbangkan integrasi platform digital seperti YouTube ke dalam strategi pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan dan otonomi mahasiswa dalam proses belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: YouTube, Kemandirian Belajar, Kewirausahaan, Pendekatan Kuantitatif, Regresi Linear
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Divisions: 75201 Ilmu Filsafat
Depositing User: Mr Floribertus Herichis Wanto Tapo
Date Deposited: 01 Oct 2025 03:25
Last Modified: 01 Oct 2025 03:25
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3504

Actions (login required)

View Item View Item