Dampak Penggunaan ChatGPT terhadap Perubahan Karakter Peserta Didik SMAK Santa Maria Monte Carmelo Maumere

MANGO, Heraklius (2025) Dampak Penggunaan ChatGPT terhadap Perubahan Karakter Peserta Didik SMAK Santa Maria Monte Carmelo Maumere. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text
BAB V-DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (334kB)

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang Dampak Penggunaan ChatGPT terhadap Perubahan Karakter Peserta Didik SMAK Santa Maria Monte Carmelo Maumere. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi di zaman ini, terutama perkembangan tekonologi kecerdasan buatan (AI) dan meningkatnya aksesibilitas penggunaan ChatGPT, yang merupakan salah satu bagian dari AI yang mampu menghasilkan teks seperti yang dilakukan oleh manusia. Penggunaan ChatGPT di kalangan pelajar dapat menimbulkan suatu kekhawatiran, mengingat potensi penggunaannya cukup besar dan dapat memengaruhi pembentukan karakter, proses belajar dan kemampuan berpikir kritis bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dampak penggunaan ChatGP, baik secara positif maupun negatif terhadap aspek-aspek karakter peserta didik; seperti aspek kemandirian belajar, aspek kejujuran, aspek tanggung jawab, aspek kedisiplinan dan kemampuan berpikir kritis. Metode yang digunakan yaitu pendekatan penelitian gabungan yang meliputi: kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif dijalankan melalui pendekatan studi pustaka dengan menghimpun berbagai macam literatur, baik cetak maupun elektronik yang berhubungan dengan tema skripsi ini. Kemudian, metode kuantitatif dijalankan dengan kuesioner sebagai instrumen utama yang dibagikan kepada para responden, yaitu peserta didik SMAK Santa Maria Monte Carmelo Maumere yang menggunakan ChatGPT. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa mayoritas peserta didik memanfaatkan ChatGPT sebagai sarana untuk menambah wawasan dan sebagai alat bantu dalam belajar yang dapat membentuk karakter mereka secara positif seperti kemandirian, integritas, kedisiplinan, tanggung jawab, serta kemampuan berpikir kritis. Namun, terdapat sebagian kecil responden yang menunjukkan ketergantungan berlebihan terhadap ChatGPT dengan melakukan kopi-tempel jawaban secara langsung tanpa upaya pengembangan pemahaman lebih mendalam. Fenomena ini merepresentasikan salah satu tantangan dalam pembentukan karakter yang bersifat negatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ChatGPT, Peserta Didik SMAK Santa Maria Monte Carmelo, Perubahan Karakter.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: 75201 Ilmu Filsafat
Depositing User: Mr Floribertus Herichis Wanto Tapo
Date Deposited: 15 Sep 2025 00:54
Last Modified: 15 Sep 2025 00:54
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3381

Actions (login required)

View Item View Item