Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VIII C Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di SMPK Virgo Fidelis Maumere

YUNARTI, Matilda Icha (2025) Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VIII C Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di SMPK Virgo Fidelis Maumere. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
Matilda Icha Yunarti_ABSTRAK.pdf

Download (156kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran problem solving dalam mata pelajaran Bahasa Inggris dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII C di SMPK Virgo Fidelis Maumere. Penelitian ini merupakan teknik penelitian tindakan kelas yang di desain dan dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robin Mctaggart. Dalam metode ini terdapat empat tahap yang dilalui yakni perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan data hasil penelitian selama pelaksanaan tindakan kelas pada siklus I dan siklus II yang diperoleh dari hasil observasi maupun hasil belajar peserta didik. Peningkatan ini sejalan dengan optimalisasi penerapan metode pembelajaran problem solving, yang terbukti mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kedua siklus tersebut. Dengan demikian berdasarkan data yang diperoleh peneliti menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran problem solving sangat baik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII C di SMPK Virgo Fidelis Maumere, hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar yang sangat signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: problem solving, hasil belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology
Depositing User: Mauritsius Moat Pitang
Date Deposited: 21 May 2025 00:51
Last Modified: 21 May 2025 00:51
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3026

Actions (login required)

View Item View Item