STELAMARIS, Apriance (2025) Analisis Ketersediaan dan Kualitas Sarana Prasarana Pendidikan Dalam Mendukung Proses Pembelajaran di SDN Wegok. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.
![]() |
Text
Apriance Stelamaris_ABSTRAK.pdf Download (274kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketersediaan dan kualitas sarana prasarana pendidikan di SDN Wegok serta peranannya dalam mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan staf sekolah, siswa serta observasi langsung terhadap kondisi fisik sarana dan prasarana di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa sarana dan prasarana yang tidak memadai, seperti keterbatasan ruang kelas, tidak tersedianya ruang kepala sekolah, serta lapangan sekolah yang tidak layak digunakan untuk aktivitas fisik siswa. Selain itu, ditemukan pula kekurangan dalam hal peralatan pembelajaran, buku-buku referensi, serta fasilitas sanitasi. Kondisi ini berdampak pada efektivitas proses pembelajaran dan kenyamanan siswa maupun guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ketersediaan dan kualitas sarana prasarana di SDN Wegok belum sepenuhnya mendukung proses pembelajaran yang optimal. Oleh karena itu, diperlukan perhatian dan dukungan dari pihak terkait, baik internal sekolah maupun pemerintah, untuk meningkatkan mutu fasilitas pendidikan sebagai bagian integral dari peningkatan kualitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sarana Prasarana Pendidikan, Pembelajaran, Kualitatif, SDN Wegok |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology |
Depositing User: | Mauritsius Moat Pitang |
Date Deposited: | 21 May 2025 00:37 |
Last Modified: | 21 May 2025 00:37 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3024 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |