EVANDIKTA, Anna Ludria (2025) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning dalam Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik Kelas V pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik di Sekolah Dasar Inpres 043 Baomekot. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.
![]() |
Text
Anna Ludria Evandikta_ABSTRAK.pdf Download (67kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Katolik di kelas V SD Inpres 043 Baomekot, dan (2) mengetahui peningkatan partisipasi peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Cooperative Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data yang dikumpulkan berupa hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang menggambarkan proses penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dan perubahan tingkat partisipasi peserta didik. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif, dengan mendeskripsikan setiap tahapan tindakan kelas serta mengevaluasi hasilnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning mampu meningkatkan partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Katolik. Peserta didik menjadi lebih aktif, mampu bekerja sama dalam kelompok, dan menunjukkan minat belajar yang lebih tinggi. Peningkatan partisipasi ini berdampak positif terhadap suasana belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif. Oleh karena itu, model pembelajaran Cooperative Learning dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam meningkatkan partisipasi belajar peserta didik, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning, Partisipasi, Pendidikan Agama Katolik. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology |
Depositing User: | Mauritsius Moat Pitang |
Date Deposited: | 21 May 2025 01:19 |
Last Modified: | 21 May 2025 01:19 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3020 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |