Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik di SMP Seminari Maria Bunda Segala Bangsa

VICE, Yosefina (2025) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik di SMP Seminari Maria Bunda Segala Bangsa. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
Yosefina Vice_ABSTRAK.pdf

Download (152kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan dalam kelas. Permasalahan yang ditemukan adalah rendahnya partisipasi peserta didik kelas VIII B dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik di SMP Seminari Maria Bunda Segala Bangsa. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan partisipasi peserta didik kelas VIII B dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik. Model pembelajaran discovery learning merupakan model pembelajaran yang tidak menyajikan materi secara utuh tetapi memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari dan menemukan sendiri materi yang diajarkan. Penerapan model pembelajaran discovery learning diharapkan dapat meningkatkan partisipasi peserta didik. Partisipasi merupakan keterlibatan atau pengikutsertaan peserta didik secara fisik dan mental dalam kegiatan pembelajaran. Tulisan ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif yang diperoleh dari daftar hadir, observasi, dan kuesioner. Berdasarkan hasil pengamatan dan kuesioner menunjukkan bahwa partisipasi peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik rendah ketika menggunakan metode ceramah. Hasil penelitian tindakan kelas yang menggunakan model pembelajaran discovery learning menunjukkan bahwa peserta didik lebih terlibat dalam pelajaran Pendidikan Agama Katolik. Selama siklus I dan II, lembar daftar hadir menunjukkan partisipasi peserta didik yang baik sebesar 100%. Selain itu, hasil observasi partisipasi peserta didik selama siklus I sebesar 69,53% dan siklus II sebesar 85,2%, serta hasil kuesioner partisipasi peserta didik selama siklus I sebesar 65,34% dan siklus II sebesar 90,34%. Hasil penelitian yang dilakukan selama siklus I dan II menunjukkan peningkatan partisipasi peserta didik yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Discovery Learning, Partisipasi, Peserta Didik.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology
Depositing User: Mauritsius Moat Pitang
Date Deposited: 21 May 2025 01:05
Last Modified: 21 May 2025 01:05
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3013

Actions (login required)

View Item View Item