FEBRIANTI, Meliana (2025) Pengaruh Pembelajaran Inovatif dalam meningkatkan Partisipasi Peserta Didik kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik di Sekolah SMAS Katolik St. John Paul II Maumere. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.
![]() |
Text
Meliana Febrianti_ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk pembelajaran inovatif yang diterapkan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik di SMAS Katolik St. John Paul II Maumere, (2) menganalisis sejauh mana pembelajaran inovatif memengaruhi partisipasi aktif peserta didik kelas XI dalam proses pembelajaran, dan (3) mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas pembelajaran inovatif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Katolik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, wawancara mendalam dengan guru mata pelajaran dan peserta didik, serta dokumentasi. Fokus penelitian diarahkan pada pengalaman nyata dalam pelaksanaan pembelajaran inovatif dan keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran inovatif seperti diskusi kelompok, role-playing, refleksi, dan penggunaan media digital secara signifikan meningkatkan minat dan partisipasi peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik. Partisipasi aktif peserta didik terlihat dari peningkatan kehadiran, keterlibatan dalam diskusi, serta kemampuan mengungkapkan pendapat dan nilai-nilai iman secara mandiri. Namun, ditemukan pula beberapa tantangan seperti keterbatasan waktu, data, kesiapan guru, dan perbedaan gaya belajar peserta didik. Bertolak dari hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa pembelajaran inovatif memiliki dampak positif dan signifikan antara pembelajaran inovatif terhadap peningkatan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Katolik. Pembelajaran yang inovatif mendorong peserta didik untuk lebih aktif bertanya, mengemukakan pendapat, dan terlibat dalam proses diskusi kelas. Penerapan strategi pembelajaran yang kreatif dan kontekstual sangat penting untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran agama di sekolah. Kontribusi penelitian ini terletak pada upaya peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Katolik melalui pendekatan yang berpusat pada peserta didik, serta memberikan masukan bagi guru dalam merancang metode pembelajaran yang lebih inovatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Inovatif, Partisipasi peserta didik, Pendidikan Agama Katolik |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | 86208 Pendidikan Keagamaan Katolik > School of Psychology |
Depositing User: | Mauritsius Moat Pitang |
Date Deposited: | 21 May 2025 01:23 |
Last Modified: | 21 May 2025 01:23 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/3001 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |