TOBIN, Maria Marselo Petrus Belawa (2025) Urgensi Pendidikan Keluarga Bagi Perkembangan Anak Usia Dini. Undergraduate thesis, IFTK LEDALERO.
![]() |
Text
ABSTRAK UNTUK REPOSITORI- MARIA MARSELO PETRUS BELAWA TOBIN.pdf Download (162kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan tentang pentingnya pendidikan dalam keluarga untuk membantu perkembangan anak usia dini, (2) menjelaskan urgensi pendidikan keluarga bagi perkembangan anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti adalah literatur tentang pendidikan keluarga dan perkembangan anak usia dini. Adapun sumber referensi utama penulisan skripsi ini ialah buku, artikel, jurnal, kamus, skripsi, ensiklopedia, koran, dan internet, tentang pendidikan keluarga dan perkembangan anak usia dini, baik yang ditemukan di perpustakaan, maupun yang diunduh dari internet. Selanjutnya, penulis mengidentifikasi urgensi pendidikan keluarga bagi perkembangan anak usia dini. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan bahwa keluarga merupakan pendidik pertama dan utama dalam keluarga. Hal ini disebabkan oleh adanya pendidikan keluarga yang merupakan proses pendidikan yang dilakukan oleh keluarga, terutama orang tua, untuk membantu anak usia dini berkembang secara optimal. Di samping itu, pendidikan keluarga juga memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan anak usia dini, antara lain: pertama, sebagai dasar perkembangan anak usia dini dalam berbagai aspek, kedua, sebagai proses pembentukan karakter, dan ketiga, sebagai upaya pencegahan terhadap dampak negatif dari teknologi. Namun, dalam pelaksanaan pendidikan keluarga ini tidak terlepas dari hambatan yang dialami oleh keluarga dalam memberikan pendidikan. Hambatan tersebut antara lain, perkembangan teknologi dan media massa, pengaruh kebudayaan dan tradisi, pengaruh lingkungan sosial, pengetahuan dan keterampilan orang tua yang kurang dalam mendidik anak, kesibukan orang tua terhadap pekerjaan, serta perpisahan suami dan istri dalam keluarga. Solusi yang ditempuh untuk mengatasi hambatan ini ialah dengan meningkatkan pemahaman dasar tentang pendidikan keluarga, kolaborasi peran antara ayah dan ibu dalam keluarga, mendidik dengan penuh cinta, serta pendidikan yang selaras dengan perubahan zaman. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendidikan keluarga memiliki peran yang sangat krusial dalam perkembangan anak usia dini dan perlu mendapatkan perhatian yang lebih besar dari keluarga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keluarga, Perkembangan Anak Usia Dini, Pendidikan Keluarga. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | 75201 Ilmu Filsafat |
Depositing User: | Mauritsius Moat Pitang |
Date Deposited: | 22 May 2025 00:31 |
Last Modified: | 22 May 2025 00:31 |
URI: | http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/2982 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |