Penerapan Pendidikan Karakter di Asrama Assyur dan Asrama Trikara Ende dalam Terang Spiritualitas SVD serta Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Karakter Peserta Didik

MARE, Marianus Pati (2024) Penerapan Pendidikan Karakter di Asrama Assyur dan Asrama Trikara Ende dalam Terang Spiritualitas SVD serta Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Karakter Peserta Didik. Masters thesis, IFTK LEDALERO.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (721kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk (1) memahami konsep pendidikan karakter dan Spiritualitas SVD, (2) mengetahui penerapan pendidikan karakter di asrama Assyur dan Trikara dalam mendukung proses pendidikan karakter peserta didik, (3) menjelaskan beberapa poin dalam Spiritualitas SVD yang bisa digunakan dalam program formasi di asrama untuk membantu mengembangkan pendidikan karakter bagi peserta didik, serta (4) menjelaskan pengaruh penerapan pendidikan karakter di asrama Assyur dan Trikara dalam terang Spiritualitas SVD terhadap perkembangan karakter peserta didik. Metode yang digunakan penulis dalam karya ilmiah ini ialah analisis kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini ialah wawancara, pengisian kuisioner, observasi partisipatoris, dan studi pustaka. Proses wawancara dilakukan dengan menjumpai orang-orang yang menjalani kehidupan di asrama, misalnya para pembina asrama dan peserta didik. Hal ini dilakukan guna mengetahui situasi yang dialami peserta didik dan para pembina asrama dalam proses pendampingan, serta memahami program-program formasi yang dibuat. Pengisian kuisioner dilakukan dengan cara membuat google form, lalu disebarkan kepada peserta didik di asrama untuk dikerjakan. Selanjutnya, di dalam penelitian kepustakaan peneliti mendalami sumber-sumber yang berbicara tentang pendidikan karakter, Spiritualitas SVD, serta empat matra yang menjadi kekhasan SVD. Bertolak dari hasil penelitian, analisis dan tawaran yang dikemukakan, penulis melihat bahwa Spiritualitas Serikat Sabda Allah yang diwarnai oleh empat matra khas relevan terhadap pendidikan kaum muda, secara khusus kaum muda yang tinggal dan dididik di asrama Assyur dan Trikara. Empat matra khas yang ditawarkan dalam formasi di asrama Assyur dan Trikara cukup melengkapi dan dapat menjawabi kebutuhan pendidikan karakter kaum muda di tengah tuntutan globalisasi dewasa ini. Hal-hal yang ditawarkan ini (dialog interkultural, kepemimpinan yang partisipatif, komunikasi yang berciri misioner, melibatkan proses refleksi dalam setiap kegiatan karitatif yang dilaksanakan) dapat membentuk karakter kaum muda menjadi pribadi yang terbuka, mau melayani, mengambil peran sebagai jembatan rekonsiliasi, serta sadar dan berkomitmen untuk menjunjung nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan. Akhirnya, pendidikan yang diterapkan kepada kaum muda dapat memperlihatkan adanya keseimbangan kualitas antara kecerdasan intelektual dan kematangan moral-spiritual.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Spiritualitas SVD, Empat Matra Khas Serikat, Perkembangan Karakter peserta didik.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: 77101 Ilmu Agama/Teologi Katolik
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 14 Aug 2024 23:55
Last Modified: 14 Aug 2024 23:55
URI: http://repository.iftkledalero.ac.id/id/eprint/2460

Actions (login required)

View Item View Item